Home » Headline » Pameran Benda Antik di Konawe

Pameran Benda Antik di Konawe

KENDARI, MY SULTRA. Com – Ratusan benda antik peninggalan Raja – Raja abab ke 18 dipamerkan di sejumlah stand di acara pameran Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Benda anti tersebut, berupa piring yang berukuran besar, bercorak ular naga dan lafal Alqur’an serta berbagai gambar – gambar simbol kerajaan pada abab itu.

Selain benda antik ini, terdapat sejumlah peralatan perang pasukan kerajaan, alat pertanian, guci kerajaan yang masih tradisional turut dipamerkan.

Pameran benda antik ini diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Konawe, masing –masing menampilkan benda antik yang berbeda.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Lambuya, Hastuti Liambo menuturkan, pameran kebudayaan ini pihaknya menampilkan jenis piring yang berukuran besar.

“Piring ini milik raja abab 18 disebut kabo yang berarti raja, selain itu ada guci sebagai alat minum raja – raja masa itu” kata Hasniati, Sabtu (27/2/2016) kemarin.

Pengunjung berharap, pameran benda antik peninggalan raja dapat ditingkatkan, sebab menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Ini pameran kebudayaan, memamerkan benda purbakala dahulu kala, harapan saya dapat ditingkatkan, jangan sudah dipamerkan lalu dihilangkan,”kata Mudin, seorang warga Konawe yang berkunjung dipemeran tersebut.

Pameran benda antik ini berlangsung selama sepekan, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe yang ke tiga. Direncanakan puncak acara pada 3 Maret 2016, ditutup oleh Gubernur Sulawesi Tenggara.

Penulis : Mas`ud

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *