Home » Berita Terpopuler » OJK Sosialisasi Tugas Pengawasan Bank di Kendari

OJK Sosialisasi Tugas Pengawasan Bank di Kendari

MySultra – Kendari

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru terbentuk Januari 2014, Kamis (21/8) di salah satu hotel di Kendari, melakukan Sosialisasi Penanganan Tindak Pidana Perbakan (Tipibank) Pasca Peralihan Fungsi Tugas dan Wewenang Pengawasan Bank dari Bank Indonesia kepada OJK. Hadir pada acara tersebut para mitra kerja OJK yakni dari Kepolisian dan Kejaksaan serta sejumlah wartawan.

Kepala Kantor OJK Sultra, Widodo ketika membuka acara tersebut mengatakan, acara tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan penegakan tindak pidana perbankan, tugas fungsi dan peranan OJK sebagaimana yang diatur dalam UU no.21 tentang Otoritas Jasa Keuangan diama tugas OJK untuk melakukan pengawasan jasa keuangan baik yang diselenggarakan oleh Bank maupun non Bank seperti Asuransi dan lembaga keuangan non bank lainnya agar nasabah terlindungi dari praktek tindak pidana perbankan. Karena itu OJK selain melakukan pengawasan dan penyidikan, juga menyediakan tenaga ahli jika diperlukan dalam penyidikan.

Sementara itu, Biston Panjaitan dari Investigator Eksekutif di OJK Pusat pada kesempatan tersebut selain menjelaskan pasal pasal yang bisa dikenakan dalam berbagai bentuk tindak pidna perbankan, juga mengungkapkan berbagai bentuk kasus dan modus operandi Tipibank.

Kasus kasus Tipibank dan modus operandi bisa terjadi misalnya pada pembiayaan fiktif dan topengan, kredit fiktif, kasus pembiayaan, ekspor fiktif, surat berharga fiktif, biaya fiktif mark-up biaya atau biaya fiktif, pemeberian Fasilitas LC secara tidak sehat, pemberian fasilitas LC tanpa analisa atau tidak sehat.

Untuk menangani kasus kasus tersebut kata Biston mutlak diperlukan kordinasi antara kepolisian dan kejaksaan. Menjawab pertanyaan peserta, Biston mengatakan khusus mengenai kasus yang dilaporkan masyarakat kepada kepolisian dan kejaksaan kewenangan penyidikan tetap pada kepolisian dan kejaksaan namun untuk kasus tertentu akan disidik oleh OJK dan selanjutnya diserahkan kepada kejaksaan maupun kepolisian. Tetapi OJK juga terus melakukan pengawasan termasuk pedikan kepada oknum dan Bank maupun non Bank yang bermasalah (Ichan/S.Duhari)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *