Home » Headline » Nur Alam : “Mendagri Lantik, Saya Tak Bisa Ngomong”

Nur Alam : “Mendagri Lantik, Saya Tak Bisa Ngomong”

KENDARI, MY SULTRA.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam mengaku tak bisa berkometar setelah Mendagri mengambil kewenangannya untuk melantik Surunuddin/Arsalim sebagai Bupati/Wakil bupati, Konawe terpilih. “Kalau itu saya tak bisa ngomong kalau mendagri melantik sebab sayapu kalau melantik kan atas nama Mendagri,” kata Nur Alam menjawab pertanyaan wartawan Senin (22/02/2014)

Seperti diberitakan My Sultra.com, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akhirnya memutuskan untuk melantik Surunuddin Dangga/Asralim di Jakarta, Selasa (23/02/2016) menyusul penolakan  gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, untuk melantik Bupati/Wakil Bupati Konawe terpilih tersebut. “Ya benar, katanya hari Selasa  besok mereka dilantik Mendagri’ tutur Nur Alam kepada My Sultra.com Senin (22/02/2016).

Sikap Mendagri ini terkait dengan sikap gubernur Nur Alam yang menolak melantik Surunuddin- Arsalim dengan alasan belum memiliki kelengkapan berkas yakni persetujuan pengunduran diri Arsalim dari gubernur  sebagai Pegawai Negeri.

Selumnya Medagri telah mengirim surat kepada Gubernur Sultra untuk segera mengusulkan pelantikan bupati/wakil bupati Konsel terpilih, namun tetap ditolak oleg gubernur. “Mengapa bukan Mendagri saja yang melantik mereka,” tegas  Nur Alam  menjawab pertanyaan wartawan seraya menguraikan berbagai alasanya hingga tau melantik mereka.

Atas dasar belum ada persetujuan pengunduran diri sebelum ditetapkan sebagai calon, pesaingnya, Muh Endang, menggugat KPU Konsel  di PTUN dan  PTUN mengabulkan gugatan Endang. Numun KPU mengajukan masalah ini di Mahkamah Agung (MA). Hingga berita ini diturunkan belum ada putusan MA. Meski demikian sebuah sumber My Sultra.com mengatakan kemungkinan besar MA akan mebatalkan putusan PTUN Makassar tersebut, sebagai mana tersirat dalam sebuah surat edaran MA kepada seluruh PTUN terkait pilkada.

Selain Endang,  ikut sebagai calon bupati Konsel waktu itu, Asnawi Sukur yang tidak lain adalah kakak kandung Nur Alam. Namun usungan PAN tersebut hanya memperoleh suara urutan ketiga  jauh dibawah perolehan suara Surunuddin dan Endang.

Penulis : Sudirman Duhari

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *