Home » KAMPUS » Niat Awal Dirikan PT Pertanian Bukan STKIP

Niat Awal Dirikan PT Pertanian Bukan STKIP

 

Mysultra – Kolaka

Dibalik kesuksesan Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka sampai menjadi universitas negeri saat ini, tidak lepas dari perjuangan Mantan Bupati Kepala Daerah Kolaka, Drs. H. Sangkala Manomang.
Menurut S. Manomang, awalnya dia berniat mendirikan Perguruan Tinggi (PT) sesuai potensi yang dimiliki Kabupaten Kolaka yakni pertanian dan ekonomi, bukan STIKIP.
“Sebenarnya saya ingin mendirikan perguruan tinggi sesuai dengan potensi yang ada di kabupaten Kolaka yakni pertanian dan ekonomi karena kebanyakan masyarakatnya berprofesi sebagai pedagang. Namun H. Muh. Jafar yang mantan ketua DPRD Kolaka sarankan bahwa banyak massanya IKIP karena dia dari guru, jadi saya mengikuti dan berdirilah STKIP 19 November Kolaka.”kata Drs.H.S. Manomang.
Pada saat berdirinya STKIP, sebagai Bupati dia memerintahkan dan memberikan tanah untuk digunakan oleh STKIP di kecamatan Baula seluas 400 hektar karena saat itu tanah disana kosong dan tidak ada yang miliki. Semua bukti kepemilikan STIKIP dipegang Djalante. Alasan dirinya menunjukan tanah di Baula dan tidak memberikan didalam kota Kolaka, sebab dirinya berpikiran supaya kedepan berkembang dan jangan hanya di kota yang berkembang.
“Disana perumahan dosen. Itu direncanakan.”ungkapnya.
Dirinya mengakui saat ini masyarakat sudah pintar sehingga mengakui tanah di Baula. Karena STKIP tidak memanfaatkan, munculah STM yang meminta tanah ke pemerintah dan diberikanlah tanah milik STKIP untuk pembangunan STM sampai sekarang. (Armin

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *