Home » Headline » Nasruan SH : Kearifan Lokal Harus Dipertahankan dan Dikembangkan

Nasruan SH : Kearifan Lokal Harus Dipertahankan dan Dikembangkan

Kendari – MySultra.Com

Nilai-Niai Sosial dan Budaya Indonesia, kini terus tergerus oleh masuknya nilai-nilai budaya asing ,seiring dengan kemajuan tehnologi. Untuk itu,perlu ada upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya atau kearifan lokal yang sejak dahulu telah dipraktekkan leluhur bangsa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra), Nasruan, SH dalam perbincagan dengan MySultra.Com, Kamis (16/04/2015). Salah satu upaya untuk mempertahankan kearifan lokal tersebut adalah memasukkan dalam materi muatan lokal, mulai jenjang pendidikan dasar, Jadi materinya bukan hanya bahasa daerah saja namun lebih luas lagi yang menanamkan nilai-nilai yang telah dipraktekkan oleh para leluhur kita,” katanya.

Mantan Pejabat Bupati Buton ini menyebutkan beberapa contoh nilai-nilai kejujuran, tramsparansi dan akuntabilitas , demokratis yang sesungguhnya sudah dipraktekkan oleh para leluhur. Nilai-nilai terebut antara lain tercermin dari berbagai penyelenggaraan atau ritual adat dan budaya dimasing masing daerah. Berbagai ritual adat budaya tersebut sesungguhnya, kata Nasruan, sarat dengan nilai- nilai yang masih relevan dalam kehidupan modern sekarang ini. “Nah kalau kearifan lokal ini tak dipertahankan dan dikembangkan, saya hkawatir bangsa Indonesia akan semakin kehilangan identitas dan justru akan makin tersingkir dari persaingan global.

Menurut Nasruan, peranan pemerintah sebagai regulator untuk mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal tersebut sangat penting. “Pemerintah bersama masyarakat bisa saja membuat berbagai program untuk mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal dalam berbagai sektor dan palangan kehidupan. “Kalau semua ini dikembangkan akan sangat menarik bagi wisatawan dari dari luar negeri,” kayanya (Sudirman.Duhari)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *