Home » KOLAKA » Musrembang RPJMD Bahas Visi Misi Bupati Kolaka Kolaka

Musrembang RPJMD Bahas Visi Misi Bupati Kolaka Kolaka

RPJMD : Bupati Kolaka, Ahmad Safei membuka Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Kolaka tahun 2014-2019 di aula Bappeda dan PM Kolaka. (Foto: Armin)

MySultra:Kolaka

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kolaka tahun 2014-2019, membahas visi misi pasangan Bupati dan wakil Bupati Kolaka yang nantinya menjadi Peraturan Daerah (Perda), Sabtu (21/6) di aula Bappeda dan PM Kolaka.

Ketua Panitia Musrembang yang juga sekretaris Bappeda dan PM, Hasbir Jaya Razak melaporkan, Musrembang RPJMD ini mengacu pada Permendagri nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan PP nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pencana pembangunan daerah.

Maksud dilaksanakan musrembang RPJMD sebagai forum antar pemangku kepentingan pembangunan di kabupaten Kolaka dalam rangka memberikan masukan, saran, pendapat untuk menentukan arah pembangunan 5 tahun kedepan, serta bertujuan sebagai upaya perluasan partisipasi untuk mendapatkan masukan atas rancangan dokumen RPJMD kab Kolaka tahun 2014-2019, membangun kesepakatan yang mencakup sasaran PJMD, kebijakan umum dan program PJMD, indikasi rencana program prioritas, serta indikator dan target kinerja daerah yang ingin dicapai. Kegiatan ini dilakukan sidang kelompok yang dibagi 4 kelompok membahas visi misi.

“Dalam penyusunan RPJMD harus melalui tahapan musrembang. Tahapan terakhir akan dibahas oleh DPRD Kolaka tuk ditetapkan sebagai Perda.”kata mantan camat Watubangga ini.

Kepala Bappeda Sultra dalam sambutan tertulisnya dibacakan, Jero mengatakan, musrembang RPJMD sesuai amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dimana pasca pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah, pemda wajib menyusun dokumen RPJMD. Dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan daerah periode 5 tahun yang bersifat makro dan memuat visi, misi dan program prioritas daerah. Dokumen yang nantinya akan disampaikan, dibahas dan disepakati dalam forum akan menjadi pedoman bagi pemangku kepentingan untuk membawa masyarakat Kolaka sejahtera dan makmur.

“Ini merupakan perwujudan visi misi Bupati dan wakil Bupati saat kampanye sesuai kebutuhan masyarakat. Kami berharap RPJMD kabupaten Kolaka selaras dengan RPJMD Provinsi Sultra”katanya.

Sementara itu Bupati Kolaka, Ahmad Safei saat membuka musrembang RPJMD menyampaikan visi misinya saat kampanye maupun dihadapan DPRD Kolaka, yakni visi kabupaten Kolaka tahun 2014-2019 adalah kabupaten Kolaka yang maju, berkeadilan dan sejahtera. Maju bermakna perekonomian masyarakat kearah lebih baik, berkeadilan yakni pembangunan dilakukan secara merata tanpa diskriminatif, serta sejahtera yakni semua kebutuhan masyarakat secara menyeluruh terpenuhi termasuk memberikan pekerjaan pada masyarakat.

Adapun misinya adalah percepatan pembangunan infrastruktur wilayah. Peningkatan kinerja ekonomi melalui ekonomi kerakyatan. Peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan serta penguatan sendi-sendi sosial, budaya dan agama. Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik, efisien, bersih dan bermartabat, serta Mengoptimalkan pengelolaan SDA dan perlindungan lingkungan hidup.

Bupati mengharapkan kepada semua kepala SKPD untuk mengikuti sampai selesai musrembang, sebab ini terkait visi misi yang bisa dikritisi. Kalau sudah ditetapkan harus dilaksanakan, jangan diluar baru banyak bicara.

“Kalau tidak mau ikut tandatangan memang. Jadi saya mohon semua kepala SKPD jangan tinggalkan tempat ini, kecuali terjadi yang luar biasa diluar.”Tegasnya. (Armin)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *