Home » Headline » MK Perintahkan Kepolisian Lakukan Pengamanan PSU Muna
Simulasi Pengamanan Pilada di Depok Tahun 2015

MK Perintahkan Kepolisian Lakukan Pengamanan PSU Muna

MK Perintahkan Kepolisian  Lakukan Pengamanan PSU Muna

JAKARTA, MY SULTRA.COM – Mahkamah Konsitusi (MK) dalam amar putusannya Kamis (12/05/2016) tidak saja memerintahkan KPU Muna untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), namun juga memerintahkan kepada kepolisian untuk melakukan pengamanan proses PSU.

Berikut amar putusan MK terhadap sengketa Pilkada Kabupaten Muna :

  1. Membatalkan Keputusan KPU Muna Nomor 16/Kpts/KPU-Kab.026.433541/2016 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemungutan Suara Ulang di TPS 4 Keluarahan Raha I Kecamatan Katobu, TPS 4 Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu dan TPS 1 Desa Marobo Kecamatan Marobo pasca Putusan MK Nomor 120/PHP.BUP-XIV/2016 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna Tahun 2015, tanggal 24 Maret 2016, sepanjang mengenai perolehan suara masing-masing pasangan calon di 2 (dua) TPS, yaitu TPS 4 Kelurahan Raha I dan TPS 4 Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna.
  2. Memerintahkan kepada KPUD Muna untuk melaksanakan PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna tahun 2015 di 2 (dua) TPS, yaitu TPS 4 Kelurahan Raha I dan TPS 4 Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sejak dibacakannya putusan MK.
  3. Memerintahkan KPU untuk melakukan supervise dan koordinasi dengan KPU Sultra dan KPU Muna dalam rangka pelaksanaan amar putusan ini.
  4. Memerintahkan kepada Bawaslu untuk melakukan supervise terhadap dan koordinasi dengan Bawaslu Sultra yang selanjutnya mensupervisi Panitia Panwaslu Muna dalam rangka pelaksanaan amar putusan ini.
  5. Memerintahkan kepada KPU bersama KPU Sultra dan KPU Muna, serta Bawaslu bersama Bawaslu Sultra dan Panwaslu Muna untuk melaporkan secara tertulis kepada MK hasil PSU tersebut paling lambat 7 (tujuh) hari sejak selesainya rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten.
  6. Memerintahkan kepada Kepolisian Republik Indonesia, c.q. Kepolisian Daerah Sultra dan Kepolisian Resor Muna, untuk melakukan pengamanan proses Pemungutan Suara Ulang tersebut sampai dengan laporan tersebut disampaikan kepada MK sesuai kewenangannya.

Penulis : ICAN

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *