Home » Berita Terpopuler » Meski Sudah Jadi Tersangka, Asrun Tetap Syah Sebagai Cagub Sultra
Ketua KPU Sultra, Hidayatullah
Ketua KPU Sultra, Hidayatullah

Meski Sudah Jadi Tersangka, Asrun Tetap Syah Sebagai Cagub Sultra

KENDARI, MYSULTRA.COM – Meski sudah menjadi tersangka, Asrun tetap syah sebagai calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2018-2023 berpasangan dengan Hugua sebagai Wakilnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Hidayatullah kepada wartawan Kamis (01/03/2018) mengatakan sesuai Undang undang, status yang bersangkutan sebagai calon gubernur tetap syah atau legitimate sepanjang belum ada keputusan yang berkekuatan hukum yang tetap (incracht).

“Artinya tidak ada pembatalan sebagai calon dan tetap proses pilkada berjalan dan kampanye oleh wakilnya atau timnya, “ katanya. Ia mencontohkan pada Pilkada di Buton 2017 lalu, Bupati Buton Umar Samiun waktu itu masih dalam tahanan KPK, namun Pilkada tetap berjalan.

 Hidayatullah lebih jauh menegaskan bahwa sesuai ketentuan pasal 53 ayat (1) UU No.8/2015 sebagaimana diubah terkahir UU 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Juncto Psl 75 dan psl 76 PKPU No. 3/2017 sebagaimana diubah terkahir PKPU 15/2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup dan/atau Walikota dan Wawalikota menegaskan bahwa Parpol atau gabungan Parpol dilarang menarik pengajuan Paslon dan/atau salah seorang dari paslon setelah Penetapan Paslon oleh KPU Provinsi terkait dengan pencalonan gubernur dan wakil gubernur.

Poin lain dari aturan itu, menyebutkan bahwa Paslon dan atau salah seorang dari Paslon dilarang mengundurkan diri atau mengusulkan pasangan calon pengganti terhitung sejak ditetapkan sebagai Paslon oleh KPU Provinsi terkait dengan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Adapun penggantian Paslon dapat dilakukan apabila memenuhi ketentuan syarat penggantian yang diatur dalam Pasal 78 ayat (1) PKPU 15/2017 perubahan PKPU 3/2017 tentang Pencalonan yakni bila mana pasangan dalam hal tidak memenuhi syarat kesehatan, berhalangan tetap, dan atau telah dijatuhi pidana tetap. (Ican)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Dra Sartini Sarita MPd, Kadis Pendidikan , Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari

Tidak Ada Siswa Baru Masuk Sekolah “Lewat Jendela”

KENDARI, MYSULTRA.COM – Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudan dan olahraga Kota Kendari, Dra HJ Sartina Sarita, ...

Kepala Sekolah SMP N 9 Kendari,  Drs Milwan, MPd menerima baju dari alumi untuk diberikan kepada adik kelas mereka yangg membutuhkan (Foto: Mysultra/Ican)

Ganti Kebiasaan Coret Coret dan Konfoi saat Pengumuman Kelulusan

KENDARI, MYSULTRA.COM – Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 (SMPN 9) Kendari Sulawesi Tenggara  (Sultra) mengganti ...