Home » Berita Terpopuler » Mendagri : Pemekaran Harus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Mendagri : Pemekaran Harus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

MaySultra – Buton

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menegaskan, pemekaran daerah otonom baru (DOB), bukanlah semata-mata untuk mengakomodasi kepentingan politik lokal, namun diharapkan dapat mempercepat laju pertumbuhan perekonomian melalui pengelolaan potensi daerah secara lebih efektif dan lebih efisien,serta terbukanya aksebilitas didaerah guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

Penegasan tersebut di sampaikan dalam rapat paripurna DPR-RI di Jakarta guna pembahasan persetujuan pembentukan DOB baru di Sulawesi Tenggara masing masing Buton Selatan, Buton Tengah dan Muna Barat.
Mantan gubernur Sumbar inoi mengajak semua pihak terutama kepada elit daerah kiranya memiliki tanggung jawab moril dengan disetujuinya RUU tentang pembentukan Muna Barat, Buteng  dan Busel tersebut menjadi UU .Disebutkan, jumlah daerah otonomi di Indonesia saat ini mencapai 542 yang terdiri dari 34 propinsi, 514 kabupaten dan 93 kota.

Sementara itu, Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun mengatakan paripurna pengesahan UU terbentuknya kabupaten Buteng dan Kabupaten Busel sudah selesai dan disetujui untuk diundangkan terhadap RUU yang dimajukan oleh eksekutif termasuk Muna Barat. Itu artinya Buteng dan Busel sudah lahir dari sisi UU dan resmi menjadi suatu DOB,tinggal menungu peraturan pemerintahnya. Selanjutnya,  PP akan segeradirampungkan sekitar satu atau dua bulan selesai paripurna.

“Yang menggembirakan saya karena UU Buteng dan Busel ditetapkan
sebelum pembahasan APBN. Itu artinya pada tahun anggaran 2015 nanti Buteng dan Busel sudah mempunyai APBD sendiri, karena sudah langsung dibahas. Olehnya itu, sebagai kabupaten induk tidak merasa diberatkan, daerah induk nantinya hanya akan menyiapkan dana awal sebesar Rp 10 Miliar untuk pembentukan anggota DPRDnya, serta persiapan pegawai yang akan di split untuk masuk ke dua daerah.” kata Umar Samiun.

Terkait,  kesiapan para Pegawai ,  Umar Samiun mengaku telah menyiapkannya sejak awal sehingga Pj Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan dan secepatnya membentuk anggota DPRD dapat berjalan dengan baik.”Kami berharap pelantikan anggota DPRD nya itu pada 1 Oktober nanti bersamaan dengan pelantikan anggota DPRD terpilih hasil pemilihan 9 April lalu. Sama halnya dengan Wakatobi dan Bombana dilantik di induknya masing masing,”tutupnya.(Hasrin Ilmi)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *