Home » Berita Terpopuler » Media Merupakan Mitra Pemerintah

Media Merupakan Mitra Pemerintah

 
Media merupakan mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi pembangunan dan kebijakan pemerintah. Selain itu juga alat kontrol pemerintah.
 
keberadaan media menjadi alat kontrol bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pimpinan daerah dalam mengevaluasi kinerja lembaganya,” kata Kabag Humas dan Protokol Setda Kolaka Muh Arnan Amry, kamis (27/8/2015) diruang kerjanya.
 
Arnan mengungkapkan, setelah dirinya melakukan evaluasi kemitraan antara Pemkab Kolaka dengan media selama lima tahun, ternyata keberadaan media semua tidak bisa diukur secara kasat mata, namun multi player effect-nya sangat besar bagi masyarakat dan perbaikan pelayanan publik.
 
Karena itu, alumni STPDN ini mengungkapkan bahwa jika ada pemberitaan yang sifatnya mengkritik kinerja SKPD atau pimpinan daerah, hendaknya tidak bisa diartikan sebagai sikap berseberangan media yang memberitakan dengan SKPD atau pimpinan daerah.

“Suka atau tidak suka, media dimana pun memang hadir untuk melakukan kontrol. Kita tidak harus alergi sepanjang fungsi birokrasi telah berjalan baik dari sisi kepatuhan pada aturan dan etika,” katanya.

Karena itu, Arnan memberikan solusi jika ada media yang menyalahi aturan jurnalistik semua bisa diselesaikan dengan cara komunikasi yang baik, bukan sebaliknya membangun benteng atau sikap konfrontatif.

Ditempat terpisah, mantan ketua PWI Kabupaten Kolaka Moch Kenny Rochlim SH MH menilai kalau selama ini fungsi kehumasan Bagian Humas dan Protokol Setda Kolaka telah berjalan baik, meskipun terkadang ada hal yang belum sempurna, tapi semua bisa diatasi dengan jalan pendekatan dan musyawarah.

“Mengenai adanya kontrol, adalah wajar Karena kalau tidak ada kontrol justru itu tidak sehat. Maka dengan adanya kontrol sesuai kaidah jurnalistik merupakan pekerjaan profesi dengan memunculkan kesepahaman untuk saling menjaga dan menghormati satu sama lain,”ungkapnya.

Karena itu wakil ketua bidang pembelaan wartawan PWI Provinsi Sultra ini berharap kedepan sikap terbuka Pemkab Kolaka terhadap kritik masyarakat, yang ditandai dengan koorperatif humas akan terus dipertahankan, bahkan lebih baik lagi kedepan siapapun yang nantinya menjadi Kabag humas dan protokol Setda Kolaka. (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *