Home » Berita Terpopuler » Masyarakat Miskin Tak Dapat Bantuan, Jangan Protes BPS

Masyarakat Miskin Tak Dapat Bantuan, Jangan Protes BPS

Kendari – MySultra

Jika ada masyarakat miskin yang tidak dapat bantuan dari pemerintah, jangan protes atau demo kepada Badan Pusat Statistik (BPS), sebab BPS hanya menghasilkan data kemiskinan sedang yang menentukan siapa yang dapat bantuan atau tidak adalah pemerintah, bukan BPS.

Kepala BPS Sulawesi Tenggara (Sultra) Adi Nugroho kepada sejumlah wartawan pada acara workshop mengatakan,,”masih banyak yang tidak memahami cara kerja BPS.Dalam kasus BLSM misalnya, memang benar BPS ditunjuk untuk mengumpulkan data penduduk yang tergolong miskin.Tapi setelah data tersebut kami serahkan kepada pemerintah, kami BPS sudah berada diluar garis dalam menentukan si A atau si B yang berhak menerima. Itu sudah bukan wewenang BPS,” kata Adi Nugroho menegaskan

Menurut Adi Nugroho, BPS sebagai lembaga non departemen memang memiliki fungsi dan tanggungjawab untuk menghasilkan data-data statistik yang dibutuhkan pemerintah untuk digunakan dalam berbagai sektor pembangunan termasuk pengentasan kemiskinan.

Data data yang dihasilkan BPS selama ini antara lain data  kemiskinan, data ketenaga kerjaan, Indeks Demokrasi Indonesia,   inflasi,  ekspor- impor, keparawisataan, nilai tukar petani, pertumbuhan ekonomi , indeks pembangunan manusia, data produksi dan konsumsi beras dan sebagainya.

Data yang dihasilkan BPS, menurut Adi Nugoho, semuanya merupakan data akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “ Data BPS sesungguhnya sangat berharga namun masih ada yang mengangggap kurang berharga bahkan menyampakkan data BPS,” keluh Adi Nugroho

Adi Nugroho menampik anggapan bahwa data orang miskin belum diumumkan di kantor kelurahan sebab penguman tersebut merupakan bagian dari uji publik terhadap data kemiskinan yang dihasilkan BPS. (Sudirman.D)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *