Home » Berita Terpopuler » Mahasiswa Menagi Janji Kajari Unaaha Untuk Tuntaskan Kasus Korupsi
Ratusan mahasiswa saat menggelar aksi demonstrasi di depan halaman kantor Kajari Unaaha. (Foto: Rido/Mysultra.com)
Ratusan mahasiswa saat menggelar aksi demonstrasi di depan halaman kantor Kajari Unaaha. (Foto: Rido/Mysultra.com)

Mahasiswa Menagi Janji Kajari Unaaha Untuk Tuntaskan Kasus Korupsi

KONAWE, MY SULTRA. COM – Jelang Memperingati Hari Anti korupsi sedunia 9 Desember mendatang, Kamis (07/12/2017),  ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Anti Korupsi menggelar aksi demonstrasi, dalam aksinya ratusan mahasiswa menantang Kejaksaan Negeri (Kajari) Unaaha Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk menuntaskan kasus korupsi di Konawe.Dugaan kasus tersebut yang ditangani Kejari yaitu dana Uang Persediaan (UP) Diknas Pendidikan Kab.Konawe yang menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), dimana temuan tersebut di duga telah merugikan negara sebanyak 2,3 miliar.

Tidak hanya itu, di instansi yang sama,  mahasiswa juga mendesak kejaksaan untuk mengusut tuntas dana pemeliharaan rutin atau berkala kantor untuk sekolah-sekolah di Kab.Konawe dengan total anggaran kurang lebih 3,9 miliar, sampai saat ini tidak jelas penanganan kasusnya.

“Tiap tahun daerah menggelontorkan dana tersebut tetapi faktanya dana itu tidak pernah diberikan kepada sekolah-sekolah, makanya saya tantang Kejari untuk segera menuntaskan kasus tersebut,” ungkap Ilham Kiling, saat menyampaikan orasinya.

Ada juga kasus di Dinas Perikanan Kab.Konawe yang ditangani Kajari Unaaha, yaitu indikasi korupsi pengadaan kapal penangkap ikan yang diperuntukan bagi nelayan di Kec.Lalonggasumeeto tahun anggaran 2015 yang diduga fiktif, sekaligus dana bansos di Dinas Sosial yang ditangani Polres Konawe sampai saat ini belum ada kejelasan.

“Kami menuntut Kejari Unaaha, Kapolres Konawe terkaid komitmen dalam hal penanganan kasus korupsi dan pemberantasan korupsi di Konawe, kami juga inginkan supaya Kejari menetapkan tersangka kasus korupsi di Diknas Pendidikan Konawe,” tegas Ilham Kiling.

Para demonstran menginginkan agar Kajari serius dan transparan dalam menangani kasus korupsi di Dinas perikanan.

Menyahuti aksi demonstran yang digelar mahasiswa, Kepala Kejaksaan Negeri Unaaha, Saipul Bahri Siregar mengatakan, pihaknya tidak pernah bermain main dalam menangani kasus korupsi, setiap kasus yang ditangani akan dituntaskan. Mengenai kasus Diknas pendidikan pihaknya masi tetap komitmen untuk tuntaskan di tahun 2017 dan tidak akan meleset, begitu juga dengan kasus-kasus yang lainnya di Konawe.

“Kasus Diknas Pendidikan itu sudah dalam tahap penghitungan kerugian negara oleh BPK maupun BPKP, setelah ditetapkan kerugian negara maka kasus tersebut akan tuntas di Kejaksaan, itu janji saya insa allah,” ungkapnya.

Penulis: Rido


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

IMG-20181010-WA0025-300x300

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Galang Donasi Sulteng

Jakarta-Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya Yayasan Garuda ...

IMG-20181010-WA0025-300x300

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Galang Donasi Sulteng

Jakarta -Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya Yayasan ...