Home » Berita Terpopuler » Mahasiswa Demo Protes Penempatan Ibukota Buton Utara

Mahasiswa Demo Protes Penempatan Ibukota Buton Utara

Kendari-MySultra

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Lintas Buton Utara (Pemali-Butur) di Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melakukan demo di kantor DPRD Sultra Kamis (07/05/2015). Para mahasiswa  menuntut agar Pemkab Buton Utara (Butur) mengengembalikan ibukota Butur di Buranga, bukan di Ereke sebagaimana telah ditetapkan oleh Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Butur.

Dalam orasi mereka di gedung DPRD mereka menyatakan, dalam Undang-Undang tersebut  telah jelas menyebutkan bahwa ibukota Kabupaten Butur berkedudukan di Buranga,namun Bupati  Butur, Ridwan Zakariah, selama kurun waktu empat tahun memimpin justru membangun perkantoran di Ereke.

Bahkan Bupati Ridwan Zakariah tak bergeming, meski berbagai macam surat teguran dari pemerintah pusat maupun pemerintah Prov Sultra telah dilayangkan kepadanya. “Tapi pemerintah daerah Butur, dengan entengnya melakukan pembangkangan” teriak para pengunjukrasa

Ironisnya, kata para mahasiswa, tindakan pembangkangan bupati itu seolah- olah mendapat legitimasi dari DPRD Butur.Ini terbukti dengan berkantornya DPRD di Ereke.

Atas dasar itu, para mahasiswa menuntut dan meminta kepada DPRD Sultra segera bersurat kepada Mendagri dan DPR-RI agar tidak mengakomodir usulan pemindahan ibukota yang diajukan Bupati dan DPRD setempat  sebab usulan tersebut tidak aspiratif dan bertentangan dengan Undang-Undang. Mereka juga mendesak DPRD Sultra untuk memamggil Bupati Ridwa, guna dimintai penjelasan atas pembangkangannnya tersebut. (Sudirman D)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *