Home » EKONOMI » Konawe Tetapkan Besaran Zakat Rp.26.250

Konawe Tetapkan Besaran Zakat Rp.26.250

UNAAHA, MYSULTRA.COM –  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan besaran Zakat Fitrah Tunai pada Ramadhan 1437 Hijriah/2016 M
senilai Rp 26.250 per jiwa. Sedangkan untuk besaran Fitrah Beras ditetapkan sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni 3,5 kg beras untuk masing-masing jiwa.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat musyawarah bersama antara Pemda Konawe, Kantor Departemen Agama (Kandepag), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Konawe dan pihak-pihak terkait.

Wakil Bupati Konawe Parinringi menjelaskan, zakat fitrah tersebut memang wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan bagi setiap Umat Islam yang mempunyai kelebihan makanan pokok. Jenis dan besarnya zakat yang berlaku di wilayah Konawe adalah jenis makanan pokok beras sebanyak 3,5 liter.

“Kalau diuangkan sebesar Rp 26.250 perorang, sesuai harga beras yang berlaku setelah dirata-ratakan secara kumulatif dari beberapa tingkatan haraga pasar setaip kecamatan di Konawe,” jelasnya.

Sedangkan yang diangkat sebagai Amil zakat, adalah Imam masjid, Imam Desa atau Kelurahan dan tokoh agama Islam yang mempunyai pengetahui agama Islam dan diangkat oleh Camat atas usul Kepala Desa. Para Amil Zakat yang menerima atau mengelola Zakat yang disetor oleh para wajib Zakat supaya segera meregistrasi dalam buku zakat yang telah disediakan oleh pengurus Bazis tingkat Desa.

“setiap Desa supaya menginventarisir orang-orang yang berhak menerima pembagian Zakat. Dan kepada penerima Zakat sudah harus menerima pembagiannya masing-masing paling lambat pada malam takbiran, malam 1 Syawal 1437 H/2016 M,” ujarnya.

Penulis: Rido

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *