Home » Headline » Komisi Yudisial Akui, Ada Hakim Nakal di Sultra
Amnggota Komisi Yudisial Eman Suparman
Amnggota Komisi Yudisial Eman Suparman

Komisi Yudisial Akui, Ada Hakim Nakal di Sultra

Ketua Bidang Pengawasan Perilaku Hakim dan Investigasi, Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Eman Suparman, SH, MH mengakui kalau di Sultra ada hakim nakal.

Pernyataan Prof Eman itu disampaikan kepada wartawan, usai menjadi pemateri pada Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Laporan Dugaan Pelanggaran KEPPH di salah satu hotel di Kendari, Selasa (8/9).

“Hakim-hakim di Sultra tidak sepenuhnya bersih,karena ada sebagian hakim yang telah terbukti melanggar etika dan beberapa laporan masih diproses di KY,”jelasnya.

Ia mencontohkan hakim yang ada di pengadilan negeri (PN) Andoolo, Konawe Selatan (Konsel) dimana hakim yang bersangkutan meminta uang kepada camat yang terdakwa.

Begitu juga di PN Baubau pun pernah ada hakim yang diproses KY. Pada saat itu, saya datang langsung ke Baubau untuk memantau persidangan karena perkara itu ada orang Jakarta yang terlibat.

Dalam waktu 3 bulan sebenarnya, laporan terhadap PN Raha sudah bisa diselesaikan jika tidak butuh lagi bukti tambahan. Namun kata Eman, yang memperlambat adalah pemeriksaan saksi dimana KY harus turun langsung ke daerah.

Secara umum hakim-hakim yang nakal di Sultra kebanyakan pelanggaran kode etik hakim dalam hal putusan yang tidak sesuai. Hal seperti itu menurut Eman, sulit bagi KY untuk menanganinya karena bersentuhan dengan persoalan teknis yuridis.

Komisi Yudisial merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri dan dalam pelaksanaan wewenangnya bebas dari campur tangan atau pengaruh kekuasaan lainnya.

Kegiatan sosialisasi diikuti unsur  masyarakat, unsur perguruan tinggi, unsur ormas, unsur pemuda, organisasi kewanitaan, unsur Kanwil Kemenkum HAM, unsur Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, dan Pengadilan Agama(ido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *