Home » Berita Terpopuler » Kolaka Tak Terkalahkan di Ajang MTQ

Kolaka Tak Terkalahkan di Ajang MTQ

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei foto bersama dengan wakil Bupati Muhammad Jayadin, Ketua DPRD Parmin Dasir, Dandim 1412, Sekda Kolaka dan ketua TP PKK usai penyerahan piala pada para peserta.
Kolaka,MySultra-

Kecamatan Kolaka kembali membuktikan diri tak terkalahkan pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kolaka.

Seperti halnya pada MTQ ke 42 yang dilaksanakan di Kecamatan Tanggetada, hasil keputusan dewan hakim/juri yang dibacakan pada penutupan MTQ, Ahad (15/2) malam, Kecamatan Kolaka keluar sebagai juara umum setelah meraih 11 emas,4 perak, 3 perunggu, disusul tuan rumah Tanggetada 8 emas,7 perak, 7 perunggu. Polinggona 6 emas, 2 perak, 1 perunggu. Pomalaa 4 emas, 4 perak, 2 perunggu. Latambaga 3 emas, 4 perak, 6 perunggu. Iwoimendaa 2 emas, 6 perak, 6 perunggu. Wolo 2 emas, 4 perak, 7 perunggu. Wundulako 2 emas, 3 perak, 4 perunggu. Samaturu 2 emas, 0 perak dan perak. Watubangga 1 emas, 3 perak, 1 perunggu. Baula 1 emas, 1 perak, 2 perunggu dan Toari 1 emas, 3 perak, 0 perunggu.

Begitupun juara umum perorangan kembali diraih Syamsuddin utusan dari kecamatan Latambaga untuk cabang Musabaqah Tilawatil Al Quran dengan meraih nilai 382. Adapun lomba tambahan berupa asmaul husna diraih kecamatan Tanggetada, disusul Iwoimendaa, Pomalaa, Wolo, Samaturu dan Baula. Sementara kafilah terbaik diraih tuan rumah Tanggetada, disusul Iwoimendaa dan Kolaka.

Sebagai bentuk penghargaan kepada tuan rumah yang telah sukses menyelenggarakan MTQ tingkat Kabupaten Kolaka, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei menyerahkan satu unit sepeda motor yang diterima camat Tanggetada.

Camat Tanggetada, Sirajuddin dalam laporannya menyampaikan respon masyarakat Tanggetada selaku tuan rumah sangat positif. Ini terlihat dalam percepatan pembangunan arena MTQ. Begitupun persiapan elemen masyarakat Tanggetada dalam menyambutan kafilah kecamatan sangat besar. Selain itu, ajang MTQ menjadi berkah dan karunia tersendiri bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang di wilayah Tanggetada dengan mendapat omset cukup besar selama penyelenggaraan MTQ.

Sementara Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat menutup secara resmi MTQ ke 42 mengungkapkan bahwa MTQ merupakan salah satu syiar Islam dalam rangka membumikan Alquran diseluruh lini kehidupan. Karena itu, MTQ bukan sekedar ajang memperebutkan juara, tapi lebih dari itu substansi MTQ bagaimana masyarakat Kolaka mampu memetik pesan-pesan Alquran dan diimplementasikan mulai diri sendiri selaku muslimin. Pemkab berharap melalui MTQ masyarakat Kolaka dapat menumbuh kembangkan Alquran, tiada hari tanpa membaca alquran.

“Kalau kita tidak bisa jadi penghafal, minimal anak atau cucu kita dapat menjadi penghafal Alquran.”Kata Safei.

Ditambahkannya, MTQ tingkat Kabupaten yang diselenggarakan merupakan rangkaian menuju Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang akan dilaksanakan tanggal 7 Maret di kota Kendari. Karenanya, dihimbau kepada pelatih dan official setelah acara penutupan untuk melakukan persiapan melatih peserta yang juara dalam menghadapi STQ tingkat Provinsi Sultra, sehingga kafilah dari Kolaka bukan hanya mengharumkan nama Kolaka ditingkat Provinsi dan Nasional, bahkan internasional.

“Berdasarkan hasil rapat LPTQ yang dilaksanakan hari sabtu, 14 februari 2015, diputuskan MTQ ke 43 tahun 2016 dilaksanakan di kecamatan Iwoimendaa. Karena itu sedini mungkin disiapkan sebaik-baiknya dan diharapkan MTQ kedepan lebih hikmat dibanding saat ini.”Harap Ahmad Safei. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *