Home » Berita Terpopuler » Kolaka Siap Sukseskan Program Ketahanan Pangan
Kolaka-20150129-01219

Kolaka Siap Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Rapat koordinasi upsus peningkatan produksi padi jagung dan kedelai menuju swasembada pangan tahun 2015 dipandu Sekda Kolaka, H. Poitu Murtopo, didampingi Sekda Kolut H. Anwar Sanusi, tim Upsus Sultra Akbar dan Kadis pertanian Kolaka Dr. Azikin.

Kolaka,MySultra- Pemkab dan masyarakat Kolaka siap menyukseskan program ketahanan pangan tahun 2015.

“Kabupaten Kolaka pada dasarnya siap mendukung pencapaian padi, jagung dan kedelai dalam meningkatkan ketahanan pangan.”Kata Bupati Kolaka dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda Kolaka, Poitu Murtopo pada acara rapat koordinasi upsus peningkatan produksi padi jagung dan kedelai menuju swasembada pangan tahun 2015, Kamis (29/1/2015) di aula sasana praja Pemkab Kolaka.

Bupati mengungkapkan bahwa tahun 2015 ini akan difokuskan pada peningkatan produktivitas dan indeks pertanaman dengan ketersediaan air dan benih. Karena itu, diharapkan kepada para penyuluh pertanian untuk bersinergi dengan Babinsa dalam melakukan pendampingan pada masyarakat.

Kadis Pertanian,peternakan dan holtikultura Kolaka, Azikin menyampaikan bahwa program swasembada pangan pada tahun 2015 di kabupaten Kolaka, sasarannya akan ditujukan pada 75 kelompok tani yang tersebar pada 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka, tersebar pada 41 desa/kelurahan. Target yang akan dilaksanakan yakni pengembangan jaringan irigasi seluas 3900 ha dan pengembangan optimasi lahan seluas 1000 ha.

Diungkapkannya, pada tahun 2014 lalu, Kabupaten Kolaka tidak kekurangan beras, bahkan mengalami surplus hingga 13 ribu ton beras. Jika rata-rata nasional 1,6 ton, di Kolaka 2,09 ton. Azikin berharap kedepan dengan dukungan TNI/Polri, bekerjasama dengan pupuk Kaltim, pola pikir para petani dapat berubah yang menyebabkan produktivitas bertambah, sehingga swasembada pangan di Kabupaten Kolaka semakin meningkat, begitupun kebutuhan pupuk dapat terpenuhi.

Sementara tim Upsus Sultra, Akbar dalam kesempatan itu menyampaikan kalau luas lahan yang dimiliki Kabupaten Kolaka berada pada peringkat kedua setelah Konawe, yakni diatas 10 ribuan hektar, ini merupakan potensi besar yang harus dikembangkan. Karena itu, diharapkan dengan adanya kaleborasi antara petani, PPL dan TNI, bisa memberikan peningkatan produksi petani dan swasembada pangan bisa tercapai. (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *