Home » Berita Terpopuler » Kolaka Kini Miliki Pusat Wisata Kuliner
Kabupaten Kolaka saat ini telah memiliki pusat wisata kuliner yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman
Kabupaten Kolaka saat ini telah memiliki pusat wisata kuliner yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman

Kolaka Kini Miliki Pusat Wisata Kuliner

KOLAKA,MYSULTRA.COM – Kabupaten Kolaka terus melakukan pembenahan dan mempercantik wajah kota. Salah satu gebrakan yang dilakukan adalah merelokasi pedagang kaki lima dalam satu areal yang diberinama pusat wisata kuliner.

Pusat wisata kuliner yang diprakarsai Dinas Koperasi dan Perindustrian (Koperindag) Kolaka, ditempatkan dipinggir pantai alam Mekongga, sehingga pencinta kuliner bisa menikmati berbagai makanan dan gorengan sambil menyaksikan sunset di sore hari.

Kadis Koperindag Kolaka, Hj Asmani Arief senin (11/4/2016) mengungkapkan, ide ini muncul dengan merujuk pada Peraturan Daerah nomor 11 tahun 2014 tentang relokasi dan penataan pedagang kaki lima‎ di kabupaten Kolaka, sehingga dikumpulah semua pedagang kaki lima yang menjual kuliner ataukah jus di pantai Mandra, tugu cacao dan pinggir jalan disatukan di pantai Alam Mekongga.

Diakuinya saat pertama akan merelokasi pedagang kaki lima, sempat mendapat penolakan. Namun setelah dilakukan pendekatan kepada pedagang yang dilakukan selama tiga bulan, serta beberapa kali pertemuan guna mendengarkan apa yang menjadi keluhan dan keinginan mereka, akhirnya mereka setuju setelah pihak Dinas Koperindag memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan mereka.

Saat ini tercatat 107 pedagang yang menempati tenda yang disiapkan pemda dan bantuan dari PT Antam yang berjumlah 120 tenda yang terbuat dari besi. Selain itu, disiapkan lampu listrik sebesar 33 ribu watt dan aliran PDAM untuk digunakan para pedagang. Meski demikian, pedagang memiliki kewajiban iuran setiap bulan.

Untuk mempermudah bagi pengunjung dalam memilih menu, disana diatur sedemikian rapi untuk jurusan penjual makanan, dilanjutkan penjual gorengan dan aneka jus. Adapun ‎yang menghadap laut diperuntukan Cafe bernyanyi.

Penulis:  (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Wisata Wakatobi

Presiden Ingin 10 Bali Baru Bisa Segera Diselesaikan, Termasuk Wakatobi

BOGOR, MYSULTRA.COM -Pengembangan sepuluh destinasi wisata baru atau biasa disebut dengan “Bali baru” terus dikebut ...

Presiden Beri Keterangan ok

Komentar Presiden Jokowi Soal Penolakan Novanto Diperiksa KPK

MANADO, MYSULTRA.COM – Presiden Joko Widodo memiliki prinsip menyerahkan semua persoalan hukum kepada peraturan yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *