Home » Berita Terpopuler » Kolaka Kekurangan Dokter Spesialis Anak

Kolaka Kekurangan Dokter Spesialis Anak

Kolaka – Mysultra – Kesehatan

Kabupaten Kolaka mengalami kekurangan dokter spesialis anak. ‎Saat ini dokter anak hanya ada satu yang bertugas di BLUD Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka.

Kurangnya dokter spesialis anak di daerah yang memiliki banyak balita dan ‎daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya menjadi pertanyaan masyarakat, sebab satu-satunya dokter anak yang bertugas di Kolaka yakni dokter Muh. Anwar dinilai tidak maksimal memberikan pelayanan di RSBG kebanggaan masyarakat Kolaka, karena dr. Anwar harus membagi waktunya dengan praktek di apotik Mekongga, serta beberapa hari tertentu bertugas di RS swasta milik PT Antam di Pomalaa.

“Kami meminta kepada Pemda Kolaka supaya mendatangkan dokter spesialis anak, karena sebagai ibu sangat merasakan keberadaan dokter anak dan disayangkan di Kolaka yang kaya ini hanya ada satu dokter anaknya.”kata Ny. Heraeni ditemui di RSBG Kolaka, selasa (23/6/2015).

Menurut Heraeni, karena hanya ada satu dokter spesialis anak yang dimiliki di RSBG‎ menyebabkan pelayanan tidak maksimal. Hal ini dirasakan ketika anaknya harus opname di RSBG dan kondisinya sudah membaik setelah ditangani dr. Anwar, selanjutnya saat berkonsultasi apakah anaknya bisa pulang, para perawat tidak bisa memberikan jawaban pasti karena terlebih dahulu harus diperiksa dr. Anwar, sementara dokter tersebut tidak masuk ke RSBG pada selasa pagi, tapi melakukan praktek di RS lain.

“Seperti inilah yang kami rasakan karena dokter spesialis anak di RSBG Kolaka hanya satu.”ungkap Heraeni.

Ketidak hadiran dokter spesialis anak di RSBG diamini perawat jaga di ruangan edelweis VIP. Para perawat mengaku kalau dr. Anwar setiap hari selasa bertugas di RS Antam Pomalaa, sehingga setiap pasien yang meminta pulang karena kondisinya sudah baik tidak bisa mereka berikan izin sebelum dokter sendiri yang memberikan izin.

“Kami tidak bisa memutuskan pasien pulang atau tidak, karena harus dokter yang menentukan.”kata salah seorang petugas jaga.

Sementara Direktur RSBG, dr.H.Muh. Azis Amin dikonfirmasi melalui telepon selulernya terkait keberadaan dokter spesialis anak di RS yang dipimpinnya, mengaku memang dokter anak yang mereka miliki saat ini hanya satu. Pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan dan mencari dokter anak tapi tidak pernah mendapatkan.

“Sudah beberapa kali kami mengusulkan tapi sampai sekarang belum ada.”kata dr. Aci panggilan akrab dr.Azis Amin.

Meski demikian, dr. Aci mengaku ada beberapa dokter yang dimiliki Pemda Kolaka yang saat ini sementara melakukan pendidikan dan tahun 2016 nanti sudah selesai, sehingga masalah kekurangan dokter spesialis anak di Kolaka sudah dapat diatasi.

(A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *