Home » Berita Terpopuler » Kodim 1417 Kendari Amankan BIN Gadungan
???????????????

Kodim 1417 Kendari Amankan BIN Gadungan

MySultra Kendari :

Seorang warga Kecamatan Abeli Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Ishak Tanukila (51) diamankan Komandan Unit Intel (Danunit) Komando Distrik Militer (Kodim )1417 Kendari karena mengaku anggota Badan Intelejen (BIN) berpangkat Kepala Staf wilayah Sultra.

Sejumlah atribut dan dokumen serta kartu anggota yang direkrut BIN gadungan tersebut, disita petugas untuk barang bukti.

Dalam pemeriksaan pelaku, seluruh dokumen dinilai palsu karena tidak terdaftar pada kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), selain itu prilaku BIN gadungan itu kerap melakukan pemerasan terghadap sejumlah nelayan yang berlabuh di perusahaan Jayanti Group.

Komandan Unit Intel (Danunit) Kodim 1417 Kendari, Letnan Satu (Lettu) Infantri Ruslan menceritakan kronologisnya, pelaku BIN gadungan melakukan aksinya di perusahaan ikan Jayanti Group di Kendari, hampir setiap hari melakukan pemerasan terhadap nelayan, akibatnya masyarakat melaporkan prilaku oknum BIN gadungan tersebut.

“Awalnya ada laporan masyarakat bahwa ada warga yang mengaku anggota Badan Intelejen Negara (BIN) berpangkat Kepala Staf wilayah Sultra, kemudian kami kroscek ternyata pelaku BIN gadungan dalam sehari, empat kali meminta ikan kepada nelayan yang ada di perusahaan ikan Jayanti Group, kata pelaku hanya buat makan,”jelas Ruslan.

Pelaku diketahui telah memiliki empat orang istri dan seorang cucu, menggeluti profesi BIN gadungan sejak 2013 dan memiliki 26 orang anggota yang tersebar diseluruh Kabupaten Kota se Sulawesi Tenggara.

Menurut Ishak Tanukila (BIN gadungan), dirinya telah merekrut 26 orang anggota yang tersebar di Sultra. Setiap calon anggota dibebankan satu juta rupiah untuk biaya kartu anggota.

“Setiap pengrekrutan, calon anggota BIN gadungan membayar satu juta rupiah pak, untuk biaya kartu anggota dan administrasi lainnya”. Kata Ishak Tanukila.

Hasil pemeriksaan pelaku didapati tergabung pada Lembaga Pembinaan Potensi Kekuatan Pertahanan Keamanan Negara Republik Indonesia disingkat  (LPK3 KPKN RI) dan menggunakan sejumlah atribut TNI.

Pihak Kodim 1417 Kendari masih melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap pelaku untuk memastikan dugaan pemerasaan terhadap para nelayan.(Mas`ud)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *