Home » Headline » Kemenristek Dikti Himbau Humas Menjadi Mata dan Telinga PTN
Peserta rakor kehumasan yang dilaksanakan Kemenristek Dikti di Bali.
Peserta rakor kehumasan yang dilaksanakan Kemenristek Dikti di Bali.

Kemenristek Dikti Himbau Humas Menjadi Mata dan Telinga PTN

KOLAKA,MYSULTRA.COM– Dalam Rakor kehumasan 2017 di Bali, Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti), menghimbau humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi mata dan telinga, bukan seledar mulut.
“Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Darmiyanti S menyampaikan bahwa humas harus proaktif dalam merebut persepsi publik, jangan sampai PTN sudah banyak menghasilkan produk-produk yang urgen, tapi tidak diketahui oleh masyarakat. Jadi humas tidak hanya mulut atau penyampai bicara PTN, tapi ia harus jadi mata dan telinga,” kata kasubag kerjasama dan humas Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Takwa Rahman, minggu (30/7/2017).
Menurut Takwa, dalam acara yang dihadiri ratusan lembaga utusan PTN dan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), Nada menyampaikan bahwa humas merupakan bagian mendasar dari manusia, itu juga menjadi pekerjaan yang mulia. Karena itulah dalam perannya humas yang ada di lembaga perguruan tinggi mengemban tugas untuk memperjuangkan Negara.
Dikatakannya, jauh beda dengan humas di perusahaan, dimana kepentingannya hanya satu segmen hanya untuk kepentingan perusahaan. Menjadi humas PTN yang baik tetap dibutuhkan struktur, knowledge, dan manajemen yang baik pula, serta dapat memposisikan kehumasan sebagai tempat informasi utama institusi.
“Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 Tahun 2015, mengamanatkan bahwa seluruh Kementerian/Lembaga untuk aktif menyampaikan informasi program dan kebijakan Pemerintah kepada masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi secara tepat, cepat, objektif, berkualitas, berwawasan nasional dan mudah dimengerti, karena membangun relasi antar lembaga PTN itu sangat penting,” katanya.

Takwa menambahkan, dalam Rakor tersebut, juga mengagendakan pembahasan draf peraturan Kemenristekdikti tentang pengelolaan kehumasan. Kegiatan tahunan ini juga merupakan upaya membangun capacity building, utamanya penguatan kehumasan dalam tata kelola komunikasi dan informasi pada PTN maupun Kopertis. (A Arsyad)

 


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Ketua DPRD Kolaka Utara ok

Ketua DPRD Kolaka Utara Diduga Dibunuh oleh Istrinya

KOLAKA UTARA MYSULTRA.COM – Ketua DPRD Kabupaten Kolaka utara , Sulawesi Tenggara (Sultra) Musakkir Sarira diduga ...

Pasar Sentral Kota Kendari

Telan Dana Rp 124 Milyar, Pasar Sentral Kota Kendari Belum Berkontribusi PAD

KENDARI- MYSULTRA.COM – Pembangunan Pasar Sentral Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menelan dana APBD sebesar ...