Home » Berita Terpopuler » Kemenkumham Resmikan LPKA

Kemenkumham Resmikan LPKA

MySultra-Kendari :

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) meresmikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II B Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (5/8). Peresmian ini dilaksanakan secara serentak pada 33 provinsi di Indonesia.

Selain meresmikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak, jajaran Kemenkumham Sultra dan perwakilan pemerintah provinsi Sultra, bersama – sama melepas pintu trailis yang selama ini digunakan untuk ruang tahanan bagi anak – anak.

“Dulu dikenal Lembaga Permasyarakatan atau LP, sekarang disebut Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),”kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Ilham Djya kepada awak media.

Kata dia, setiap anak yang berhadapan dengan hukum, baik di tingkat penanganan polisi, Kejaksaan maupun di Pengadilan, sudah tidak lagi masuk ke dalam Lapas tetapi masuk ke LPKA.

“Karena belum ada gedung permanen, sementara ini, kita tempatkan di Lapas Klas II A Kendari. nomen klaturnya sudah ada tetapi kita masih tempatkan untuk sementara,”kata Ilham.

Meski begitu lanjut dia, gedungnya sementara tetapi sudah terpisah dari narapidana atau tahanan dewasa.

”Setelah peresmian, lapas anak semua sudah terpisah, mulai dari pintu keluar – masuknya tahanan anak dan lebih pada pendidikan, pembinaan dan tidak ada lagi trailis,”kata Ilham DJaya.

Menurutnya, sipir yang akan bertugas pada lapas anak, nantinya berseragam beda dengan yang ada di rutan atau lapas yang menggunakan pangkat.

”Seragam sipirnya nanti berdasi, layaknya guru, karena lebih pada pembinaan dan sekolah agar anak tidak trauma,”ujar Ilham.

Usai peresmian, perwakilan pemerintah bersama jajaran Kemenkumham Sultra, meninjau ruangan LPKA. Dalam ruangan tersebut terdapat perpustakaan yang berisi sejumlah buku bacaan.(Mas’ud)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *