Home » KOLAKA » Kemenag Sultra Pelapor Pertama Hasil Rukyat

Kemenag Sultra Pelapor Pertama Hasil Rukyat

MySultra – Kolaka 

Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan instansi pertama melaporkan hasil pemantauan rukyatul hilal Ramadhan ke Kementrian RI dari 62 titik pantauan yang disebar di seluruh Indonesia, Jumat (27/6) sebelum dilaksanakan sidang itsbat penentuan hari pertama Ramadhan 1435 H.

“Pada pukul 16.15 wita, dengan situasi cerah tanpa awan di pantai Desa Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada Kolaka, hasil pemantauan kami posisi hilal tidak sampai 1 derajat. Ini yang kami laporkan dan ternyata pada pukul 18.00 wita itu tidak mengalami perubahan, tetap dibawah satu derajat.”kata Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sultra, Syaifuddin Mustaming, Jumat (27/6).

Menurut mantan Kasi Penamas Kemenag Kolaka ini, pemantauan hilal ramadhan yang dilaksanakan oleh tim Kanwil Kemenang Sultra, selain melibatkan Pengadilan Agama Sultra, STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dan LSM, juga melibatkan Kementerian Kominfo RI dan Lembaga Observatorium Bosqha Bandung, dengan menggunakan teleskop computer yang terkoneksi langsung ke laptop tanpa harus mengintip melalui teropong.

“Jika tahun sebelumnya kami mengunakan teleskop manual milik Pengadilan Agama ketika melakukan pemantauan hilal, tahun ini kami menggunakan teleskop computer yang merupakan bantuan dari Kominfo RI.”kata Pudho panggilan akrab Syaifuddin Mustaming.

Pudho mengungkapkan kesyukurannya karena tahun ini Kanwil Kemenang Sultra melibatkan Kominfo dan lembaga observatorium Bosqha Bandung yang memang memiliki ilmu mengamati alam semesta, sehingga pada saat dilakukan pemantauan hilal dengan lincah mengopersikan teleskop computer. Inilah yang menyebabkan posisi bulan cepat terlihat yakni dibawah satu derajat dan langsung melaporkan, ditambah cuaca pantai Desa Anaiwoi yang cerah. Titik pengamatan rukyatul hilal yang direkomendasikan Kemenag RI untuk Kemenag Sultra ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2013 lalu, dimana selama ini di laksanakan di pantai Kendari.

Mantan ketua DPK KNPI Kolaka ini menambahkan, hasil pengamatan rukyatul hilal yang dipimpin oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sultra, H. M. Sabir disaksikan ratusan warga, ditandatangani oleh beberapa saksi, diantaranya mantan Kakanwil Kemanang Sultra, K.H. Mudhar Bintang. (Armin)

 

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *