Home » Berita Terpopuler » Kekecewaan di MTQ Bombana Masih Membekas
Muh. Jayadin wabup

Kekecewaan di MTQ Bombana Masih Membekas

. Wabup Kolaka, Muhammad Jayadin

Kolaka,MySultra-

Kekecewaan yang dialami masyarakat Kabupaten Kolaka atas kecurangan panitia saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Bombana tahun 2014, masih membekas dihati.

Kekecewaan ini muncul ketika rapat persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kolaka ke 42 di kecamatan Tanggetada di aula sasana praja kantor Bupati Kolaka, Rabu (14/1/2015). Rasa kecewa ini disampaikan Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin yang hadir saat acara, begitupun Kakan Kemenag Kolaka, Bustamil dan Sekda Kolaka, Poitu Murtopo, serta sejumlah tokoh agama.

“Di Bombana sudah bermandi emas, sehingga tidak ada lagi nilainya emas, lebih bernilai perak dan perunggu. Tapi kita di Kolaka tidak bisa seperti itu, karena masih kurang emas.”kata Jayadin dihadapan peserta rapat menginggat peristiwa yang terjadi di Bombana.

Meski kecewa, Jayadin tetap berharap dengan kejadian di Kabupaten Bombana saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi, supaya dijadikan motivasi bagi kafilah Kolaka yang bertanding untuk lebih berprestasi lagi. Begitupun dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kolaka ke 42, penetapan juara tetap disepakati berdasarkan perolehan medali emas, bukan system poin seperti diterapkan panitia di Bombana, sebab pada ivent-ivent nasional maupun internasional, ketika menentukan juara umum yang dihitung adalah perolehan medali emas, sehingga semua peserta berlomba mengejar medali emas, bukan mengejar perak dan perunggu.

“Kalau system poin, lebih baik kita mengejar perak sebanyak-banyaknya dari pada emas. Pada saat saya mengikuti penutupan MTQ nasional di Batam, juara umumnya masih menggunakan perolehan medali emas.”ungkap Jayadin.

Begitupun Sekda Kolaka, H. Poitu Murtopo mengungkapkan bahwa pihak Provinsi pernah menghubunginya supaya Kabupaten Kolaka menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi, tapi tawaran itu ditolak sebab Kolaka belum bisa melupakan kekecewaan atas perbuatan Panitia pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Bombana.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kolaka, H. Bustamil menyampaikan bahwa saat MTQ provinsi di Bombana, diatas kertas Kolaka sudah juara umum dengan meraih 9 medali emas. Tapi pada rapat terakhir, dengan alasan mengikuti Juknis, akhirnya Kabupaten Bombana yang hanya meraih 7 medali emas ditetapkan sebagai juara umum hanya karena banyak meraih medali perak, sehingga kabupaten lain merasa heran. Ini semua tidak merasa aneh, sebab setiap pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi, Kabupaten Kolaka selalu menjadi sorotan dengan kemampuan yang dimiliki. (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *