Home » Berita Terpopuler » Kejaksaan Kolaka Selamatkan Ratusan Juta Uang Negara

Kejaksaan Kolaka Selamatkan Ratusan Juta Uang Negara

Kajari Kolaka, Jefferdian menempel stiker anti korupsi di mobil dinas Sekda Kolaka, disaksikan Sekda Kolaka, Poito Murtopo.

MySultra – Kolaka
Kejaksaan Negeri Kolaka berhasil menyelamatkan ratusan juta uang negara dan telah menyetorkan ke kas negara selama tahun 2014.

“Hasil dinas kejaksaan negeri Kolaka yang diterima dan kami sudah setorkan ke kas negara untuk bulan Januari hingga Desember 2014, sebanyak Rp 564.457.480.”Kata Kajari Kolaka, Jefferdian disela acara hari anti korupsi se dunia di kantor Kejati Kolaka, Selasa (9/12/2014).

Selain menyelamatkan ratusan juta uang negara, beberapa kegiatan yang dilakukan kejaksaan diantaranya bidang pembinaan bekerjasama dengan BNN Kolaka melakukan tes urine pada semua pegawai, honorer dan satpam. Juga melakukan in house training untuk peningkatan SDM. Seksi intelijen diantaranya surat perintah operasi yustisial sebanyak tujuh kali dan laporan informasi harian sebanyak 106 laporan.

Untuk seksi tindak pidana umum, pra penuntutan sebanyak 170 perkara dan diselesaikan 149 perkara, tersisa 21 perkara. Penuntutan 155 perkara dan sudah diselesaikan semuanya. Kajari juga menyampaikan program baru yang dilaksanakan, yakni semua barang bukti bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dikembalikan atau diantarkan ke rumah yang bersangkutan.
Adapun seksi tindak pidana khusus, tahun 2014 yang masuk 3 perkara dan sudah diselesaikan. Tingkat penyidikan yang masuk tahun 2014 sebanyak 5 perkara termasuk satu perkara sisa 2013, empat sudah selesai tinggal satu sementara berjalan. Begitupun tingkat penuntutan dari 8 perkara tiga sudah putus dan 5 perkara sementara bersidang.

Karena itu, melalui hari anti korupsi se dunia, Jefferdian mengajak semua lapisan masyarakat. Siapapun dia untuk bersama menanamkan pada diri sendiri dan menyebarluaskan anti korupsi sesuai tema anti korupsi, “Mari mewujudkan Indonesia berintegritas dengan cegah dan berantas korupsi dimulai dari diri sendiri.

“Kami berharap semakin sedikit orang yang mau korupsi. Semua bekerja sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak ada lagi korupsi di kabupaten Kolaka. Karena kami tidak pandang bulu kalau terbukti korupsi.”Tegasnya.

Dalam peringatan hari anti korupsi 2014, kejaksaan membagikan kalender dan stiker kepada masyarakat. Tak ketinggalan mobil sekda Kolaka ditempelkan stiker anti korupsi oleh Kajari Kolaka, begitupun Sekda Kolaka, Poitu Murtopo menempelkan stiker anti korupsi di mobil dinas Kajari Kolaka disaksikan Sekda Kolaka Timur, Anwar Sanusi dan ketua sementara DPRD Kolaka, Rusman dan ketua Pengadilan Agama Kolaka.

Selain itu, dilakukan pemutaran film pendek berjudul “Tetanggaku Koruptor”, peresmian kantin kejujuran di SDN 4 Lamokato, SDN Pesouha, SD Swasta Antam, SMPN 2 Kolaka dan SMKN 1 Kolaka, serta lounching website kejari Kolaka. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *