Home » Headline » Kakanwil Kemenag Buka STQ dan Festival Qasidah Klasik
Kakanwil Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir dan Wabup Kolaka Muh Jayadin, memukul beduk yang menandai dibukanya STQ dan festival qasidah klasik.

Kakanwil Kemenag Buka STQ dan Festival Qasidah Klasik

KOLAKA,MYSULTRA.COM- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran(STQ) dan Festival Qasidah Klasik tingkat kabupaten Kolaka, sabtu (11/2/2017) malam, di lapangan 19 November Kolaka.

Dalam sambutannya, Bupati Kolaka H Ahmad Safei menyampaikan bahwa STQ yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten Kolaka,  mengikuti kalender STQ tingkat Provinsi dan kalender Festival Qasidah klasik tingkat Provinsi.

Safei berharap melalui STQ, dapat melindungi kesucian Alquran, sehingga kedepan Aquran dapat diterjemahkan dan diterapkan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan masing-masing.

Menurut Safei, dakwah bukan hanya melalui lisan atau ceramah, tapi dakwah juga bisa dilakukan melalui perbuatan dengan memberikan contoh tauladan. Di Kolaka patut di syukuri  interaksi antar beragama berjalan kondusif. Ini semua berkat kerjasama Pemda, DPRD dan seluruh elemen masyarakat.

Safei berharap pada setiap kegiatan keagamaan, apakah itu STQ maupun Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) semuanya tidak hilang dari rohnya. Kegiatan ini hendaknya dijadikan moment dalam meningkatkan pemahaman Alquran pada diri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Sementara Kakanwil Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan STQ tingkat kabupaten Kolaka, apalagi STQ dinilai memiliki peranan penting dalam menjaring qori dan qoriah terbaik. Namun paling utama sebagai sarana dalam menyiarkan nilai luhur dan keislaman yang terkandung di dalam Alquran.

Melalui  STQ Ali Irfan berharap anak-anak dapat diajarkan pemahaman agama yang benar, sehingga tidak terjerumus pada ajaran yang salah, sebab kekerasan menyalahi aturan Islam. Selain itu Islam melindungi kaum minoritas dan kaum dhuafa, juga mengajarkan untuk mengejar dunia dengan baik.

Pembukaan STQ dan festival qasidah klasik ditandai dengan pengambilan sumpah dewan hakim oleh Bupati Kolaka, serta pemukulan beduk yang dilakukan kakanwil Kemenag Sultra, wakil bupati Kolaka Muhammad Jayadin dan ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir yang menandai dibukanya ivent keagamaan tersebut. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...