Home » Berita Terpopuler » Kabaena Sudah Pantas Jadi Kabupaten

Kabaena Sudah Pantas Jadi Kabupaten

Kendari – MySultra

Pulau Kabaena di Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah pantas  berdiri sendiri menjadi Kabaputen, terpisah dengan Kabupaten Bombana. “Kabaena sudah pantas untuk menjadi Kabupaten sebab selama ini Kabaena sudah menjalankan peran kewilayahan yang lebih luas tapi masih dilayani oleh pemerintahan kecamatan” kata Anggota komisi II DPR-RI, Amirul Tamim kepada MySultra.Com menanggapi aspirasi masyarakat kabaena untuk menjadi Kabupaten.

Aspirasi masyarakat Kabaena tersebut sudah direspon positif oleh pemerintah Kabupaten Bomabana maupun Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditandai dengan adanya rekomendasi bupati, gubernur, DPRD Bombana maupun DPRD Sultra. Usulan tersebut telah disampaikan kepada DPR-RI sejak tahun lalu.

Peran kewilayahan Kabaena menurut Amirul ditandai dengan interaksi masyarakat dan  wilayah Kabaena bukan hanya dengan kota Kasipute,Kabupaten Bombana. Akan  tetapi, dengan provinsi, bahkan dengan provinsi  lainnya di Indonesia bahkan dengan luar negeri.

“Sejak dahulu sudah ada jalur transportasi laut dari Kabaena ke  Sulawesi Selatan yakni Bajoe maupun Selayar, bahkan ke Jawa. Pulau Sagori di Kabaena sejak dahulu sudah dikunjungi turis asing. Hasil tambang ore nikelnya sudah diekspor ke luar negeri seperti Cina dan Jepang. Jadi sebenarnya peran kewilayahaannya sudah cukup besar, tapi masih dilayani oleh pemerintah sekelas kecamatan. Harusnya menjadi Kabupaten,” kata mantan Walikota Baubau ini.(Sudirman.D)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *