Home » BISNIS » Jayadin Serahkan Puluhan Buku Rekening pada Koptan
Wabup Kolaka, Muhammad Jayadin menyerahkan buku rekening pada perwakilan ketua kelompok tani penerima bantuan.
Wabup Kolaka, Muhammad Jayadin menyerahkan buku rekening pada perwakilan ketua kelompok tani penerima bantuan.

Jayadin Serahkan Puluhan Buku Rekening pada Koptan

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin menyerahkan puluhan buku rekening kepada Kelompok Tani (Koptan) bantuan Pemerintah program sarana dan prasarana, benih dan pupuk se kabupaten Kolaka, selasa (17/5/2016) di kantor dinas pertanian Kolaka.
‎Kadis Pertanian Peternakan dan Holtikultura, H Muh Azikin berharap dana yang diberikan oleh pemerintah supaya ‎digunakan dengan baik, juga semua nama dalam kelompok dilibatkan, bukan hanya ketua dan sekretaris.
Adapun bantuan yang diberikan langsung kepada Koptan adalah program intensifikasi padi194 kelompok, perluasan areal tanam padi135 kelompok, intensifikasi kedelai 54 kelompok, perluasan areal tanam kedelai 74 kelompok, pengembangan padi organik 1 kelompok, penerapan teknologi hazton 2 kelompok, sarana prasarana perluasan percetakan sawah 500 ha, rehab irigasi 2000 ha, embun dan damparit 6 unit.
“Semua ini berasal dari APBN 2016,” katanya.
Adapun dana yang bersumber dari APBD terdiri dari damparit 7 unit, jalan usaha tani 24.200 meter, irigasi air tanah 7 unit dan subsidi hand traktor 50 unit‎.
Sementara Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mengungkapkan, ‎kalau bantuan itu merupakan upaya ‎pemerintah dalam memberikan kemudahan fasilitas bagi petani dalam mengelolah tanah dan sawahnya, sehingga tidak ada lagi alasan bagi petani untuk mengolah tanahnya.
“‎Jika dulu semua bantuan lewat pihak ketiga, sekarang diberikan langsung melalui Koptan. Ini dilakukan supaya ada tanggungjawab, karena yang menikmati secara langsung adalah masyarakat. Kalau perlu perencanaan 10 meter, bisa dibuat hingga 15 meter,” katanya.
Tak kalah pentingnya supaya tidak ada lagi nama-nama fiktip dalam Koptan, apalagi Ketua Untung Duluan atau KUD. Tapi hendaknya dana itu dikelolah bersama. Siapkan administrasi dengan baik, sebab jika itu tidak bagus akan berhubungan dengan hukum.
Begitupun kepada pihak Dinas pertanian supaya melakukan pengawasan dan pengawalan dengan pengelolaan dana itu, sehingga semua berjalan sesuai program yang dijalankan. (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *