Home » EKONOMI » Jalan Lingkar Wangiwangi Ditingkatkan Jadi Jalan Nasional

Jalan Lingkar Wangiwangi Ditingkatkan Jadi Jalan Nasional

Wakatobi – Mysulta  

Wangiwangi – Jalan lingkar Pulau Wangiwangi ibukota Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditingkatkan jadi jalan Nasional oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Wakil Menteri PU dan Perumahan Rakyat Bidang Pengembangan Infrastruktur, Hermanto Dardak seusai membuka ‘meeting UCLG -ASPAC’ di Wangiwangi Sabtu mengatakan dengan peningkatan status jalan kabupaten tersebut menjaddi jalan Nasional maka seluruh pembiayaan dari perbaikan ruas jalan tersebut menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat.
“Ujung jalan kabupaten yang dijadikan jalan Nasional itu berawal dari Bandara Matahora dan berakhir di Matahora pula,” katanya.


Menurut dia, Pemerintah Pusat menaikkan status jalan lingkar Wangiwangi menjadi jalan Nasional sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap Wakatobi yang saat ini menjadi kawasan pengembangan ekonomi khusus pariwisata.
Sebagai pengembangan ekonomi khusus pariwisata kata dia, maka Pemerintah Pusat berkewajiban membangun berbagai infrastruktur pendukung dari pengembangan kawasan ekonomi khusus tersebut.


“Pemerintah juga akan membangun instrastruktur lain di Wakatobi seperti sarana transportasi, telekomunikasi, listrik dan sarana air bersih,” katanya.
Sementara itu Bupati Wakatobi, Hugua mengatakan jalan lingkar Wangiwangi sepanjang kurang lebih 48 kilometer.
Saat Wakatobi menjadi membangun Bandara Matahora kata dia, status jalan tersebut menjadi jalan provinsi yang pembiayaanya menggunakan dana APBD Provinsi Sultra.
“Dengan dana APBD Sultra yang sangat terbatas, kondisi jalan lingkar Wangiwangi tidak pernah baik,” katanya. Diharapkan ujarnya, dengan status menjadi jalan Nasional, kondisi ruas jalan lingkar Wangiwangi sudah bisa lebih baik sehingga para wisatawan yang melewati jalan tersebut merasakan kenyamanan.  *AG*

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *