Home » Berita Terpopuler » Jalan By Pass Kolaka-Pomalaa Diresmikan

Jalan By Pass Kolaka-Pomalaa Diresmikan

Anggota DPR RI, Haerul Saleh didampingi Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, mengunting pita menandai pemanfaatan jalan by pass Kolaka-Pomalaa.

Kolaka-MySultra,

Jalan by pass yang menghubungkan kota Kolaka dan Pomalaa sejauh 17 km, telah diresmikan pemanfaatan oleh Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, selasa (23/12). Selain itu, juga diresmikan jembatan sungai teluk II.

Ruas jalan by pass yang menghubungkan Kolaka-Pomalaa sepanjang 17 km dan pembangunan jembatan permanen sebanyak 9 unit, menghabiskan anggaran sebesar Rp 60 miliar, baik melalui APBD maupun dari PT Antam (Persero) tbk. Lebar jalan by pass 21 meter. Adapun jembatan sungai teluk II yang diresmikan sepanjang 15 meter dengan lebar 8 meter.

“Jembatan ini selain dibangun oleh Pemkab Kolaka, juga dibangun oleh PT Antam berupa dua boxculter dengan anggaran berkisar Rp 1,5 miliar.”Kata Plt. Kadis PU Kolaka, H. Abbas.

Menurut Abbas, meskipun jalan by pass belum rampung sepenuhnya dan masih membutuhkan biaya yang sangat besar, tapi persemian jembatan dan jalan tetap dilaksanakan, mengingat akses jalan dan jembatan bisa membuka layanan ekonomi masyarakat dan investor. Karena itu, peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam menjaga jalan dan jembatan yang telah dibangun.

Sementara Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei pada kesempatan itu mengungkapkan, jalan by pass yang diresmikan merupakan jalan yang strategis dalam menarik investasi datang ke bumi Mekongga, karena jarak tempuh dari Kolaka ke Pomalaa cukup dekat dengan adanya jalan by pass dibanding jika harus melewati jalan yang ada selama ini.

Karena itu, diharapkan kepada masyarakat untuk menjaga serta merawat jalan dan jembatan yang telah dibangun dengan menghabiskan puluhan milyar. Selain itu, dihimbau aparat Pemerintah yang memiliki wilayah sepanjang by pass untuk menjaga kelestarian pohon mangrove. Wilayah ini bisa dijadikan sebagai obyek wisata mangrove.

“Saya meminta kepada aparat pemerintah yang ada di daerah ini untuk melarang warga membangun diatas lahan terbuka hijau, khususnya wilayah tanaman mangrove,”tegas Bupati Kolaka.

Anggota DPR RI dari Partai Gerindra asal Kolaka yang sementara reses, Haerul Saleh yang hadir pada acara peresmian pemanfaatan jalan by pass dan jembatan, didaulat mengunting pita yang menandai peresmian, usai penandatanganan prasasti oleh Bupati Kolaka. (A Arsyad)





Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *