Home » Berita Terpopuler » Inilah Proyek Strategis Di Wakatobi yang Diharapkan Bisa Ditinjau Presiden

Inilah Proyek Strategis Di Wakatobi yang Diharapkan Bisa Ditinjau Presiden

Kendari – MySultra

Jika Presiden Jokowi atau pejabat negara yang mewakili presiden menghadiri acara konfrensi Asia – Pacific di Wakatobi 6 – 7 September 2015,ada sejumlah proyek strategis yang diharapkan bisa ditinjau presiden.

Seperti yang diungkapkan Bupati Wakatobi, Hugua, sejumlah proyek  tersebut adalah :

  1. Pelabuhan Penumpang dan Cruise Pangulu Belo dan Pelabuhan Marina Wanci, satu satunya pelabuhan Marina yang terdapat diantara laut Banda dan laut Flores
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Gas 2 x 3 MW, sebagai penggerak utama industri parawisata pada KEK Pariwisata Bahari Wakatobi
  3. Sekolah Internasional Kelautan dan Konservasi (KKP RI yang merupakan salah satunya sekolah yang diperuntukkan enam negara Coral Triangle Initiative (CTI)
  4. Kantor Lembaga Perekayasaan Tehnologi Kelautan (KKP RI) yang merupakan satu-satunya kantor Surveilance yang memiliki Tehnologi ragar tercanggih kedua setelah Tanjung Periok. Radar dan ICE yang dimiliki kantor ini dapat memantau pergerakan hingga 60 kapal sehari yang melintasi ALKI 3 (Kapal Manca Negara) dan semua kapal Kargo dan penumpang yang melintasi Kawasan Timur Indonesia.

Pada kunjungan tersebut kata, Hugua, pihaknya juga memohon kesedia presiden untuk:

  1. Membuka Festifal Wakatobi, bekerjasama dengan kementerian pariwisata RI dengan Tag Line “WAKATOBI UNTUK DUNIA” guna menggetarkan peningkatan kunjungan wisnu dan wisman ke Wakatobi. Pada saat yang sama presiden diharapkan membuka acara Konference Asia-Pasifik,”Asia Pacific Confrence” Local Government Voices Toward HABITAT II on New Urban Agenda” dan sidang tahunan Unitet Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC) Executive Bureau dan Council yang akan dihadiri kurang lebih 200 Walikota/Bupati dan Gubernur Asia-Pasifik.
  2. Pada acara tersebut juga presiden   akan melakukan “Adopsi Karang” yaitu melakukan penanaman anakan karang secara simbolik dalam peringatan Hari Terumbu Karang Indonesia (Coral Day Indonesia). Setelah penanaman oleh presiden RI kemudian oleh para penyelam akan membawa anakan karang tersebut ke perairan Sobu, Wangi-Wangi Wakatobi. Tujuan “adopsi karang” adalah untuk mengkoservasi terumbu karang demi menyelamatkan kehidupan manusia di masa depan.
  3. Menjadi keynote speach pada konfrensi Asia-Pasifik tersebut dengan topik “Komitmen Indonesia Dalam Mengawal Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan, khususnya konsep”New Urban Agenda”

Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut, kata Hugua, presiden dan rombongan akan menyaksikan Tarian Kolosall Budaya Khas Wakatobi dan Carnaval budaya Wakatobi. (Sudirman Duhari)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *