Home » Berita Terpopuler » Hugua : Sister City Antar Kabupaten di 6 Negera Bisa Perkuat Posisi Indonesia
Hugua Tampil Sebagai Pembicara di PAPUA NEW Guinie
Hugua Tampil Sebagai Pembicara di PAPUA NEW Guinie

Hugua : Sister City Antar Kabupaten di 6 Negera Bisa Perkuat Posisi Indonesia

PAPUA NEW GUINIE, MYSULTRA – Mantan Bupati Wakatobi, Hugua mengatakan Sister City anatar Kabupaten/kota di Kawasan Enam Negara merupakan titik masuk yang bias memperkuat posisi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Hal tersebut diungkapkan Hugua sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Maritim  Enam Negara   LGN CTI-CFF (Local Governmnet  Network on Coral Triangle Inititive –  Coralreef Fishery  and Food Security)    mendapat giliran  tampil  sebagai pembicara dalam  Pree SOM  Pertemuan Tingkat Tinggi Pejabat Senior XII dan PertemuanVIPara Menteri enam (6)   Negara Coral Triangle ( 12th Senior Official Meeting and 6th  Ministrial Meeting)  yang berlangsung dari tgl 1 –  4 Oktober 2016 di Hotel Laguna Port Moresby Papua New Guinea.

Melalui siaran Persnya yang dikirimkan kepada My Sultra.com, Hugua dalam presentasenya  menekankan bahwa Bupati/ Walikota adalah garda terdepan  (frontliner) yang  dapat membumikan program Ketahanan Pangan dan Pengembangan ekonomi lokal  pada tingkat akar rumput  di masyarakat.

Sebab bupati/walikota, kata Hugua  punya otoritas anggaran dan implementasi pada tingkat lapangan sehingga keberhasilan program  kemaritiman dan kedaulatan pangan berkelanjutan pada 6 negara CTI-CFF  sangat ditentukan oleh kebijakan dan kedalam pemahaman Bupati dan Walikota di kawasan CTI-CFF tersebut .

Lebih lanjut Hugua menekankan bahwa Asosiasi Pemerintah LGN CTI-CFF  berperan penting sebagai wahana  pertukaran ide,  pertukaran pengalaman , pertukaran kisah sukses dan juga sebagai wahana yang paling efektif untuk menekan praktek praktek  penangkapan ikan yang merusak dan penyulundupan  Sumber Daya Kelautan karena bupati/walikota terlibat secara aktif dalam mengendalikan hal terebut baik dalam negeri maupun antar bupati/walikota di negara CTI.

Berkaitan dengan  Posisi strategis LGN CTI – CFF tersebut  Hugua menawarkan  konsep Sister City antar kabupaten/kota terdekat yang  berada pada wilayah perbatasan  antar negara masing- masing.

Hugua  mengatakan, ,  misalkan antara  Kabupaten Merauke  Indonesia dengan Kota Daru Papua Nugini,  demikian juga antara  Kabupaten Kavalina Timor Leste  dan Kabupaten Belu  Indonesia, demikian juga antar Kabupaten/kota di negara-negara CTI lainya.

Konsep ini kata Hugua, mendapat Apresiasi dari Forum dan menjadi salah satu keputusan penting dalam forum tingkat  tinggi tersebut. Jika hal ini  terjadi maka akan menjadi titik masuk bagi pertukaran barang dan jasa antar sesama negara  CTI yang dimulai dari perdagangan bahan  pangan  yang ramah lingkunagn dan dapat mentriger  proses perdagangan  barang dan jasa ikutan lainya yang  lebih luas dikawasan  negara CTI.

Hugua lebih lanjut menambahkan bahwa  konsep tersebut akan semakin memperkuat posisi  Indonesia sebagai  Poros Maritim Dunia  dan relevan dengan Rencana Pembangunan Nawa Cita Presden Jokowi dengan menempatkan  Papua menjadi Hub Perdagangan Penting ke Kawasan  Negara-negara Pasifik .

LGN  CTI – CFF adalah Asosiasi Pemerintah  Daerah  Maritim  enam negara  CTI (Indonesia, Philipina, Malaysia, Papua Nugini, Salomon Island)  yang didirikan pada tgl 27 Maret 2015 di Kota Alotau Papua New Guinea .  Ir Hugua terpilih sebagai ketua  dan 2 orang wakil  Ketua  masing-masing : Hon Mr. Gita Elliot Walikota Alotau Papua Nuew Guinea  dan Hon Mr. Nilo Villanueva  Walikota  Mobini Batangas Philipina.

LGN  CTI – CFF mempunyai   anggota tetap  yaitu para bupati/ walikota  6 negara CTI, juga Asosiasi Pemerintah  Daerah  Enam Negara CTI, dan anggota  kehormatan adalah para partners  seperti CI, WWF, TNC , CTC  dan LSM LSM lainya.  LGN CTI- CFF juga punya hubungan erat dengan lembaga lembaga donor seperti USAID, AUSAID, GIZ, ADB dll. (Sudirman D)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

yusril

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...