Home » Headline » Hugua Janji Angkat Festival Benua Pada Skala Yang Lebih Besar
Hugua ikut tari molulo  bersama masyarakat Konawe Selatan pada acara  festival Benua
Hugua ikut tari molulo bersama masyarakat Konawe Selatan pada acara festival Benua

Hugua Janji Angkat Festival Benua Pada Skala Yang Lebih Besar

KONSEL, MYSULTRA.COM – Ketua BPD PHRI Sulawesi Tenggara Ir . HUGUA didampingi sekretaris PHRI Sultra Eko Dwi Sasono dan Yusuf Maulana GM PLaza Inn Kendari menghadiri acara Pembukaan Festival Benua di Lapangan Desa Benua Utama Konsel;

Festival Benua tersebut bertemakan “ Save Our Culture” yang diselenggarakan pada 1-24 Desember 2018 di Desa Benua Utama, Kecamatan Benua, Kabupaten Konawe Selatan.Dalam Festival Benua 2017 ini dibagi 2 sesi kegiatan, yakni tanggal 1-4 Desember 2018 berupa kegiatan ritual Lulo Ngganda. Dan tanggal 23-24 Desember 2018  berupa kegiatan prosesi adat istiadat dan budaya berupa seni dan olah raga tradisional suku Tolaki.

Acara ini dihadiri oleh ribuan orang digagas oleh Masyarakat Adat Tolaki Benua, Pemerintah Kecamatan Benua, Komunitas Ruruhi Project dan Walhi Sulawesi Tenggara didukung penuh oleh PHRI Sulawesi Tenggara.

Eko Dwi Sasono sekretaris BPD PHRI Sultra mengatakan bahwa Festival Benua ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan lainya di Sultra .

Senada dengan itu. Yusuf GM Plaza Inn meyakini bahwa dengan banyaknya even budaya seperti ini ke depan akan memicu pertumbuhan kunjungan turis lokal dan manca negara ke Sulawesi Tenggara dan pasti menambah daya hunian hotel dan restoran yang atomatis akan meningkatkan pendapatan petani , nelayan dan sektor industri kreatif seperti kerajinan tenunan makanan khas dan produk kerakyatan lainya di Sulawesi Tenggara .

Dalam sambutan singkatnya Ir. HUGUA ketua BPD PHRI Sulawesi Tenggara yang juga Calon Wakil Gubernur Sultra mendampingi DR, Ir. ASRUN mengapresiasi keberanian dan orisinilitas gagasan swadaya camat dan Komunitas  Benua menggandeng LSM Walhi dan PHRI Sultra dalam pelaksanaan Festival ini .

“Ini adalah langkah pertama dari kemungkinan seribu langkah dapat terjadi dari pada seribu rencana tapi tidak pernah ada langkah pertama, puji Hugua pada Camat Benua . Lebih lanjut Hugua berjanji jika terpilih jadi Wakil Gubernur Sultra maka Festival Benua akan diangkat menjadi festival tahunan dalam Kalender Event Sultra dan skalalanya akan ditingkatkan lebih besar yang dapat menggetarkan Indonesia dan dunia . Ini penting karena Rawa Aopa adalah kawasan Rawa unik satu satunya di dunia dan memiliki keaneka ragaman hayati penting seperti 155 jenis Flora dan 323 Jenis Fauna . Ini kan potensi langkah di dunia . Jadi pantas jika via Festival Benua, potensinya akan mengetarkan dunia tegasnya

Dalam Wawancara terpisah usai acara pembukaan tersebut, Hugua mengatakan, Potensi Pariwisata Sultra tak dapat dilukiskan dengan kata kata karena saking sempurnahnya mulai dari Wisata Arung Jeram di Mowewe Koltim, Air Panas Wawolesea Konut, Sawana Pajongae Bombana , Air terjun di Konkep, sungai terpendek di duni di Kolaka dan Kolut, Danau Napabalano di Muna, Keraton Buton di Pulau Buton , Surga Bawah Laut Wakatobi , Taman Nasional Rawa Aopa dimana Festival ini dilaksanakan dan masih banyak lagi lainya. Hugua sangat yakin bahwa kesejahteraan masyarakat Sultra terangkat dengan baik dengan menggelorakan salah satu sektor penting yaitu sektor pariwisata.

Pembukaan festival tersebut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan Mewakili Bupati Konsel , Ketua Tim Penggerak PKK Ny Hj. Nurlin Surunuddin , Danyon 725 Woroagi ,Hendri Ginting, Mayor Aditia Mulyadi mewakili  Dandrem Haluole, Letnan Dua Hadi Susilo mewakili dan Lanal, Mayor Kamil Bunga Cenkeh Pabung Konsel, SKPD, Camat dan Kades/ Lurah se Konsel , Raja Laiwoi dan perangkatnya, Toma , Toga dan masyarakat se Konsel .(Ican)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Bupati dan Wal Bupati Busel

Mendagri Tunjuk La Ode Arusani Sebagai PLT Bupati Busel

KENDARI, MYSULTRA.COM -Menteri Dalan Negeri Tjahyo Kumolo akhirnya menunjuk La Oe Arusani, Wakil Bupati Buton ...

Bupati Buton Selatan Agus Faisal

Bupati Buton Selatan Ditangkap KPK

BATAUGA, MYSULTRA.COM – Bupati Buton Selatan  (Busel) Agus Faisal Hidayat ditangkap KPK melalui Opersi Tangkap ...