Home » Headline » Hugua Dan litanto Blusukan di Konawe
Hugua dan litanto diatas jembatan Padangguni Utama , Matanggorai Kecamatan Abuki
Hugua dan litanto diatas jembatan Padangguni Utama , Matanggorai Kecamatan Abuki

Hugua Dan litanto Blusukan di Konawe

KONAWE, MY SULTRA.COM – Hugua sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra yang juga sebagai Calon Gubernur Sultra dan H. Litanto Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sultra yang juga Calon Bupati Konawe Jumat (25/08/2017) melakukan blusukan di Kabupaten Konawe, tepatnya di Kecamatan Abuki dan Padangguni..

Keduanya menyempatkan diri meninjau jalan dan jemabatan ruas Abuki – Desa Padangguni Utama yang rusak parah . Demikian juga dengan jalan dan jembatan yang menghubungkan Desa Padangguni Utama dengan desa tetangga Matanggorai yang juga rusak parah dan putus .

Dalam keterangan persnya secara tertulis yang diterima my Sultra.com Jumat (25/08/2017) baik Hugua dan Litanto mengaku prihatin dengan kondisi jalan usaha tani dan jalan produksi tersebut karena sepanjang jalan terbentang hamparan sawah yang luas. Demikian juga dengan komoditas lain seperti Kakao, lada, nilam dan komoditas eksport lainya yang semuanya mencapai ribuan hektar

Menurut Nur Ali , warga setempat yang juga menjadi operator ojek Hugua selama blusukan ke desa desa tersebut,  semua anak sekolah di desa Padangguni Utama tidak bisa bersekolah  karena jalanan tidak dapat dilewati oleh kenderaan roda dua sekalipun pada musim hujan, kata Gugua mengutip pendapat Nur Ali.

Baik Hugua dan Litanto sangat salut dengan potensi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan di Kabupaten Konawe, namun yang menjadi kendala utama adalah jalan usaha tani dan jalan jalan produksi yang menghubungkan antara pemukiman pendudk dengan pasar .

Keduanya mengaku  jika masing masing terpilih nantinya akan memprioritaskan pembangunan jalan dan jembatan serta infrastruktur dasar penunjang ekonomi lainnya.Hugua yang juga sebagai salah seorang dari 4 orang tokoh Dewan Pengawas Organisasi Pemerintah Daerah Berkelanjutan Dunia ICLEI region Asia – Pasifik mengatakan bahwa untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi di Kabupaten Konawe maka ada 3 ruas jalan utama harus mendapat perhatian.

“Kewajiban saya sebagai Gubernur Sultra ( jika terpilih ) yang menghubungkan antara Kabupaten Konawe dengan kabupaten tetangga dan selanjutnya menghubungkan dengan propinsi tetangga.Tiga : poros jalan dimaksud adalah 1. Ruas Unaaha – Abuki – Asinua – Ambekairi , Koltim dan selanjutnya ke Pelabuhan Ferry Kolaka menuju Sulsel 2. Jalan poros Amonggedo – Meluhu- Asera Kabupaten Konut dan selanjutnya ke Morowali Sulteng , Sulut dan Gorontalo 3. Jalan Poros Puriala – Angata – dan selanjutnya Poros Poli Polia – Lalembuu Konsel dan selanjutnya ke Koltim dan pelabuhan Ferry Kolaka menuju Sulsel, kata Hugua.

Hugua sangat yakin bahwa dengan sinergitas pembangunan jalan poros lintas kabupaten dan propinsi oleh gubernur dan jalan usaha tani serta jalan produksi ke pasar lokal oleh bupati akan menjamin kelancaran pemasaran produk produk pertanian dan industri kreatif di Kabupaten Konawe .

Jika pendapatan Petani dan nelayan serta mayarakat kecil lainya yangmencapai  80% dari jumlah penduduk meningkat maka pasti daerah maju dan rakyat sejahtera, kata Hugua a mantan Bupati Wakatobi periode 2006 – 2016 (*/Ican)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...