Home » Berita Terpopuler » Hugua Bicara Dihadapan Pejabat Senior 6 Negara
Hugua Bicara ok

Hugua Bicara Dihadapan Pejabat Senior 6 Negara

MANILA, MYSULTRA.COM – Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Maritim 6 Negara CTI yang biasa disebut dengan Local Government Network on Coral Triangle Initiative ( LGN-CTI), Ir . Hugua mendapatkan kesempatan berbicara pada Forum Pejabat Senior ” Senior Official Meeting 13 (SOM 13)” pada 6 negara anggota CTI pada Hari Kamis pagi (30/11/ 2017 di Aula Hotel Dusit Tani Kota Makati Manila Philipinal.

Negara CTI dimaksud meliputi : Indonesia, Malaysia, Philipina, Papua Nugini, Timor Leste dan Salomon Island Forum SOM 13 tersebut dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang umumnya para pejabat senior setingkat dirjen dan direktur pada Kementerian yang relevan di 6 Negara CTI , Lembaga Donor seperti ADB, USAID, AusAid, GIZ serta LSM nasional dan Internasinal.

Hugua mantan Bupati Wakatobi 2 periode (2006 – 2016) dan Ketua BPD PHRI Sultra dalam presentasinya menegaskan bahwa pada dasarnya ada 3 otoritas di dunia yang sangat berpengaruh pada keberhasilan program disetiap negara meliputi :

  1. Otoritas Global seperti PBB termasuk didalamnya Otoritas Regional seperti ASEAN , CTI yang umumnya melahirkan Kebijakan Global dan jaringan global
  2. Otoritas Nasional yang melahirkan Kebijakan Nasional dan Regulasi Nasional dan

3 . Otoritas Lokal dimana para Bupati dan Walikota melahirkan komitmen anggaran lokal dan program aksi lapangan pada tingkat akar rumput .

Jadi Hugua dalam presentasinya meyakinkan sidang SOM 13 bahwa hasil Komitmen Global dan Regional serta Kebijakan dan Regulasi Nasional pada masing masing negara tersebut sulit terlaksana di lapangan tanpa keterlibatan Bupati dan Walkota selaku pemegang otoritas lokal tegasnya.

Menurut Ibu Iswari Subekti salah satu delegasi Indonesia , Hugua dengan gaya khas, Kocak dan memukau hadirin dapat meyakinkan forum SOM bahwa kehadiran LGN-CTI merupakan tulang punggung implementasi Rencana Aksi Nasional negara anggota CTI masing masing terhadap Kebijakan Maritim, Kelautan dan Perikanan pada tingkat implementasi di lapangan.

Sidang SOM 13 langsung menyetujui dan menetapkan LGN – CTI sebagai Anggota Tim Kerja Sama Teknik  dalam ikut menentukan arah kebijakan Maritim, Kelautan dan Perikanan negara anggota CTI.

 Senada dengan itu Ms. Romina Estrid Lim Delegasi Filipina mengatakan bahwa beruntung LGN – CTI memiliki Hugua sebagai ketuanya karena Hugua punya semangat, pengalaman dan keterampilan loby yang handal dalam mendorong  para Bupati / Walikota 6 negara CTI terhadap implementasi program Maritim Kelautan dan Perikanan yang lebih efektif dan efisien di tingkat lapangan.

Dalam membiayai kegiatan LGN – CTI mendapatkan dukungan dana dari USAID-DOI dan Hugua telah meminta kepada Regional Sekretariat CTI kiranya ke depan beberapa event seperti konferensi , seminar , pameran dan Temu Bisnis dapat dilaksanakan di Kota Kendari Ibu Kota Sultra , sehingga Sultra pelan dan pasti mulai dikenal oleh Manca Negara.

Hal ini didasari oleh komitment kuat Walikota Kendari Adriatma Dwi Putra (ADP) yang menyatakan bahwa Kota Kendari selalu siap menjadi tuan rumah terhadap berbagai event berskala nasional dan internasional saat menerima Kunjungan Audensi Pengurus BPD PHRI di Kantor Walikota Kendari beberapa minggu lalu  (*/Ican)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Sekolah Partai ok

Asrun – Hugua Sekolah Partai Sebagai Calon Kepala Daerah

JAKARTA, MYSULTRA.COM – Ir. Hugua Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra yang juga sebagai Calon Wakil ...

Presidem Jokowi ok

Presiden Jokowi : Pencegahan Korupsi Harus Terus Dilakukan Lebih Serius

JAKARTA, MYSULTRA.COM – Presiden Jokowi menegaspan, upaya pencegahan korupsi harus terus dilakukan lebih serius. “ ...