Home » Berita Terpopuler » Harga Bawang Merah di Kota Kendari Melambung Tinggi

Harga Bawang Merah di Kota Kendari Melambung Tinggi

Kendari :MySultra :

Harga  bawang merah di pasar tradisional Kota Kendari, Ibu Kota Provinsi  Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam beberapa hari terahir ini melambung tinggi dari Rp 25.000 per kg menjadi Rp 38.000 per kg. Naiknya harga bawang merah tersebut dipicu oleh kurangnya pasokan bawang merah dari Enrekang, Sulawesi Selatan.

Salah seorang pedagang bawang di salah satu pasar tradisional, Sahara mengungkapkan, kenaikan harga tersebut, kurang bisa dinikamati oleh pedagang karena konsumen mengurangi pembelian bawang.

”Sudah  tiga hari harga bawang merah naik, dari Rp. 25 ribu menjadi Rp. 38 ribu perkilo gram. Akibatnya kini kita (pedagang, red) , sepi pembeli, jadi bawang kami tidak laku dan bisa bisa bawang kita membusuk,”kata Sahara, Rabu (25/3/2015).

Menanggapi kenaikan harga bawang tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPRD Sultra, Rasyid i mengatakan, solusi terbaik bagi persedian bawang merah di Sultra adalah meningkatkan produksi lokal dengan  memberikan pendidikan bagi petani dan penyuluh pertanian, agar ke depannya terus mengembangkan tanaman bawang merah. Dengan demikian daerah ini bisa melepaskan diri dari ketergantungan dengan daerah lainya dalam memenuhi kebutuhan lokal.  Diperkirakan harga bawang merah di kota ini  akan terus naik sebab produsen bawang merah di  Engrekan Sulawesi Selatan tidak hanya memenuhi permintaan kota Kendari, namun juga melayani permintaan beberapa daerah lainnya di pulau Sulawesi. (Mas’ud)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *