Home » BISNIS » Empat Daerah di Sultra Miliki Sistem Resi Gudang
Keterangan : Foto :Istimewa kegiatan sosialisasi resi gudang

Empat Daerah di Sultra Miliki Sistem Resi Gudang

KENDARI, MYSULTRA.COM – Empat daerah di Sultra telah  miliki sistem resi gudang yang dibangun oleh Kementerian Perdagangan dan Industri (Kemendang). Keempat daerah itu adalah Konawe Selatan (Konsel) 2 unit, Wakatobi 1 unit, Konawe 1 unit, dan Kabupaten Kolaka 1 unit.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perindang Sultra Hj. Siti Saleha dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan  Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Meterologi, Sutomo, SP, M.Si pada Sosialisasi Pasar leleng dan Sistem Resi Gudang di salah satu hotel di Kendari, Selasa (18/10).

Dikatakan, pemanfaatan sistem manajemen pascapanen atau yang biasa disebut resi gudang dinilai sebagai alternatif bagi pelaku pertanian untuk mengurangi ketergantungan kepada tengkulak. Saat ini sudah ada beberapa komoditas yang masuk dalam sistem resi gudang yakni beras, kakao dan rumput laut.

Fungsi resi gudang adalah menampung produk komoditi petani manakala panen dalam jumlah yang besar sebagai penyangga dan diresi gudang itu bisa menjadi jaminan buat mendapatkan pembiyaan di bank,” katanya. Diakui,Saat ini, kendala yang sering ditemui di lapangan adalah masyarakat masih belum mengetahui manfaat resi gudang.

 

Penulis: (ido)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...