Home » Headline » Ekspo UHO, Pertunjukkan Silat Powele Muna jadi Eksebisi Paling Menarik
silat-muna

Ekspo UHO, Pertunjukkan Silat Powele Muna jadi Eksebisi Paling Menarik

KENDARI, MYSULTRA.COM – Pertunjukkan silat tradisional ‘powele’ Suku Muna Sulawesi Tenggara (Sultra)  di acara  Ekpo UHO 2016.   Minggu (16/10) sore paling menarik perhatian penonton. Silat ini mengusung filosofi keselarasan, keseimbangan, dan keserasian. 
Biasanya atraksi teknik silat ini baru bisa diperagakan pada acara perkawian serta acara seremenial adat suku tersebut. Dan saat ditampilkan di Ekspo UHO oleh mahasiswa program studi strata dua (S2) Kajian Budaya menjadi eksebisi paling menarik ditonton para pengunjung.

Pertunjukan ini tidak dilakukan di panggung utama,  tetapi di lapangan depan stan.  Merupakan hasil kreatifitas Prodi Kajian Budaya.Peragaan tekhnik silat ini diiringi dengan alat kesenian tradisional gong. setelah itu Para pesilat saling adu seni tekhnik bela diri ini menggunakan pisau asli.  Diakhir pertunjukkan pesilat senior menebas pohon pisang yang telah disiapkan di tengah lokasi peragaan.  Mulai dari daun, ranting hingga  pangkal pohon.  Simbol menebang pisang merupakan akhir dari pertunjukkan silat tersebut.

“Dalam kegiatan Ekspo UHO tahun ini kita sudah tampilkan beberapa atraksi kebudayaan seluruh etnis di Sultra. termasuk silat powele ini,” kata Ketua Program Studi S2 Kajian Budaya,  Syahrun.

Program Studi Kajian Budaya salah satu peserta Ekspo UHO dari seluruh jurusan yang ada.  Sejak pameran dibuka secara resmi, stan prodi ini  ramai dikunjungi.  Karena selain pentas seni tarian, silat dan kerajinan tenun yang diperagakan.  Instrumen budaya pendukung juga dipamerkan di stan tetsebut.

Koleksi yang dipajang benda purbakala, alat kesenian, pakaian adat serta hasil kerjinan (tenun) tradisional dari semua suku di Sultra. Instrumen adat ini menjadi obyek unik dan menarik,  sehingga banyak pengunjung memanfaatkan menjadi obyek foto selfie.

Ekspo UHO merupakan agenda tahunan. Tahun ini dibuka secara resmi Direktur Kemahasiswaan Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bersama  Rektor UHO, Usman Rianse. Acara ini digelar selama sepekan yakni 12-17 Oktober 2016.

“Merupakan bentuk komitmen kita sebagai peserta dalam memeriahkan Ekspo UHO. Jadi apa yang kita tampilkan merupakan wujud partisipasi jurusan dalam menyukseskan kegiatan ini ” katanya.

Penulis: Rido


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

yusril

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...