Home » Berita Terpopuler » DPRD Kolaka Tetapkan Dua Perda Diakhir Jabatannya

DPRD Kolaka Tetapkan Dua Perda Diakhir Jabatannya

Serahkan Perda : Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir menyerahkan dua Perda definitif kepada Bupati Kolaka, Ahmad Safei.

MySultra : Kolaka

Diakhir jabatannya, DPRD Kabupaten Kolaka menetapkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda definitif, Senin (16/6).

Dua Raperda yang ditetapkan adalah Raperda tentang Pedoman Pelaksanaan Jasa Kontruksi dan Raperda tentang Perubahan atas Perda nomor 2 tahun 2012 tentang Biaya Transfortasi Lokal bagi Jamaah Haji Reguler dan Panitia Penyelenggara Kabupaten Kolaka. Adapun tiga Raperda yang bersamaan diajukan ditangguhkan untuk sementara, dengan alasan menunggu hasil evaluasi dari pihak Pemerintah Pusat dan Pemprov Sultra.

Penetapan Raperda tentang Pedoman Pelaksanaan Jasa Kontruksi awalnya mendapat protes dari komisi III. Rusman dengan tegas mengkritisi Raperda tersebut karena dinilai tidak sesuai dengan judul dan isi Raperda. Namun setelah dilakukan perdebatan, akhirnya ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir menetapkan Raperda tersebut menjadi Perda.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei usai menerima dua Perda dari ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir, dalam sambutannya mengatakan, kedua Perda yang ditetapkan merupakan Perda yang sangat strategis bagi lehidupan dan kepentingan masyarakat Kabupaten Kolaka. Kedua Perda menyangkut hak dasar yang harus dipenuhi oleh Pemda bagi seluruh lapisan masyarakat Kolaka.

“Dengan adanya dua Perda tersebut, maka telah tersedia pedoman dan payung hukum bagi Pemda dan masyarakat Kolaka dalam merealisasikan dua hak dasar, yakni hak mendapatkan pekerjaan/usaha dan hak untuk mendapatkan pelayanan keagamaan.”katanya.

Adapun tiga Raperda yang belum ditetapkan yakni Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 4 tahun 2011 tentang Jasa Usaha, Raperda tentang Perubahan atas Perda nomor 5 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha dan Raperda tentang Retribusi Penganti Biaya Cetak, merupakan turunan dari UU nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Erat kaitannya dengan pendapatan asli daerah yang akan menunjang keuangan Pemda. Dari segi ekonomi mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di bumi Mekongga tercinta. (Armin)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *