Home » Berita Terpopuler » DOMPET DHUAFA DATANGKAN DARLING UNTUK PENUHI GIZI PARA PENGUNGSI BENCANA DI PALU
pray for palu

DOMPET DHUAFA DATANGKAN DARLING UNTUK PENUHI GIZI PARA PENGUNGSI BENCANA DI PALU

Palu, Sulawesi Tengah – Sudah seminggu lebih tim aktivis kemanusiaan membantu para korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, baik dari evakuasi hingga menerjunkan tim medis untuk fase tanggap bencana. Tidak berhenti pada respon tersebut, Dompet Dhuafa kembali membawa Dapur Keliling (Darling) untuk membantu pasokan nutrisi para korban gempa Palu, Donggala, dan Sigi. Pada Selasa (2/10/2018) pukul 22.00 WIB, Darling berangkat dari Jakarta menuju ke Pantoloan melalui jalur laut.

Melalui Pelabuhan Tanjung Priok, dapur keliling Dompet Dhuafa berlayar menuju Makassar. Diperkirakan selama 2 hari 2 malam berada di laut. Setelah sampai di Makasar, Dapur keliling Dompet Dhuafa melanjutkan perjalanan laut kembali untuk menuju pelabuhan Palu. Jadwal keberangkatan diperkirakan pada Minggu (6/10/2018), pukul 15.00 WITA.

“Darling akan difokuskan pada pemberian makanan kepada para pengungsi. Sehingga, dengan daya jelajahnya, Darling Dompet Dhuafa dapat menjangkau tempat-tempat pengungsian dengan akses terbatas. Terlebih untuk pengungsian yang belum terjamah bantuan makanan,” jelas Priyanto, koordinator Darling Dompet Dhuafa untuk respon gempa bumi dan tsunami Sulawesi Tengah.

Hingga Senin sore ini, Senin (8/10/2018), korban tercatat 1.763 Jiwa meninggal, 62.359 Jiwa Mengungsi, 2.632 jiwa luka berat, 265 Korban Hilang, 152 korban masih diperkirakan tertimbun, dan 66.926 Rumah Rusak. Dari data yang masuk, untuk bangunan sekolah sebanyak 2.736 mengalami kerusakan, yang tersebar di 4 Kabupaten atau kota terdampak yaitu Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Muntong. Tidak sedikit masyarakat, khususnya ibu-ibu dan anak-anak yang menjadi korban gempa. Hal itu menjadi perhatian aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa untuk terus menghadirkan asupan kebutuhan nutrisi sehari-hari para korban.

Tim aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa terus memberikan pelayan tanggap darurat dengan mendatangi para korban ke pos-pos pengungsian. Kebutuhan yang saat ini diperlukan para korban yaitu obat-obatan, logistik makanan dan minuman, pakaian maupun selimut, tenda, serta kebutuhan harian lainnya.

“Diharapkan adanya aktivitas dari para aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa, dapat meringankan para korban Gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi. Sehingga mereka dapat dengan cepat membangun kehidupan yang layak kedepannya,” tutup drg. Imam Rulyawan, MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa melalui himpunan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga. Selama 25 tahun lebih Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah, sosial dan kebencanaan, serta CSR.

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

IMG-20181010-WA0025-300x300

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Galang Donasi Sulteng

Jakarta-Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya Yayasan Garuda ...

IMG-20181010-WA0025-300x300

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Galang Donasi Sulteng

Jakarta -Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya Yayasan ...