Home » Headline » Djafar Badjeber :JOKO WIDODO – JK Mengejar Ketertinggalan Infrastruktur
Djafar Badjeber
Djafar Badjeber

Djafar Badjeber :JOKO WIDODO – JK Mengejar Ketertinggalan Infrastruktur

Sejak dilantik sebagai presiden RI ke 7 pd bulan oktober 2014, presiden Jokowi-JK langsung tancap gas !!
Setelah memberikan petunjuk kpd Kabinet Kerja-nya, Jokowi langsung fokus kpd tugas2 negara !
Rapat Kabinet tidak terlalu sering diadakan, tidak banyak ba bi bu, tapi langsung action. Tidak ada cara pencitraan, beliau langsung ke lapangan, berkunjung ke proyek dan daerah, mendengarkan aspirasi rakyat. Balik ke Jakarta periksa dan tanda tangan surat2 penting. Selanjutnya berkunjung ke daerah-daerah hampir tanpa henti !!
Itulah cara kerja Jokowi sebagai Kepala Negara, sebagai presiden dan Kepala eksekutif. Setelah berkunjung keluar negeri, terus bekerja untuk rakyat. Tenaganya luar biasa !!

Sudah sama2 kita ketahui bahwa presiden Jokowi sangat intens membangun infrastruktur di berbagai daerah Indonesia. Memang volume pembangunan infrastruktur di zaman Jokowi sungguh mendapat perhatian besar. Bukan berarti pembangunan dibidang lain terabaikan, tetap juga di lakukan seoptimal mungkin. Presiden menyadari betul bahwa pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan rakyat Indonesia terutama daerah yang masih terisolasi. Banyak daerah yang masih sulit melakukan kegiatan ekonomi dikarenakan tidak adanya akses ke daerah sekitar atau masih terhambatnya perdagangan antar pulau/propinsi.  Rakyat di daerah sangat meng-impikan dan menantikan keberadaan jalan untuk kegiatan ekonomi.
Pembangunan infrastruktur ini bagian dari janji kampanye Jokowi-JK yang harus di vollow up. Ternyata pembangunan infrastruktur diluar dugaan rakyat penyelesaian-nya. Sangat cepat terealisir mudah dilihat dan dirasakan manfaat-nya.
Selain menggerakan ekonomi rakyat, infrastruktur ini makin menperkuat ketahanan NKRI, serta membuat sambung menyambung menjadi SATU rakyat Indonesia !

Bila dicermati kepemimpinan sebelunnya tidak terlalu antusias membangun infrastruktur bahkan nyaris tidak terdengar. Kepemimpinan Jokowi-JK yang baru 3 tahun telah mampu menunjukan sebuah kinerja yang optimal. Pendapat seorang pengamat bahwa selama 2014-2019 diperkirakan akan menghabiskan biaya Rp 4.500 T s.d. Rp 5.000 trilyun. Anggaran sebasar itu pantas, karena kenyataannya kita hampir memulai dari nol. Lagi pula semua proyek itu dibutuhkan oleh rakyat. Jokowi-JK sesungguhnya mengejar ketertinggalan…!!  Mestinya infrastruktur tsb sdh di mulai dari bbrp tahun lalu, tapi karena tidak “berani”, mk tidak pernah terwujud.
Contohnya, semasa 1O thn SBY memimpin, katakan rata2 APBN Rp 1500 T/ thn. Kalau 10 thn berarti Rp 15.000 T anggaran APBN. Dari Rp 15.000 T itu apa yang kita rasakan, dibandingkan 3 thn kepemimpinan Jokowi-JK telah mampu membuktikannya !!  Bagaimana seandainya Jokowi menjadi presiden 2 periode ?… Wach, tentunya sangat banyak infrastruktur dan fasilitas yang bisa dinikmati rakyat !!
Maaf, bukan merarti saya menafikan kepemimpinan sebelumnya, tentu ada juga yang di buat, hanya hampir tidak terlihat kesejarahannya !!

Sekalipun Jokowi- JK telah berbuat yang terbaik, masih ada pihak yang tidak bisa menerimanya. Ada-ada saja tuduhan miring yang mereka tuduhkan. Soal utang dll !! Kalau soal utang, 99% negara di dunia ini punya utang. Itu hal biasa, lagi pula apa yang kita takuti dengan utang sepanjang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan. Saya yakin Jokowi bersih mencari keuntungan pribadi. Beliau bersih dari korupsi !!
Pihak yang “menuduh macam2 itu sesungguhnya tidak objektif, tidak realistik, tidak berdasar, dan hanya ngarang !! Penilain subjektif itu cenderung “membabi buta” dan tidak mau mengakui keunggulan Jokowi!!

Mengejar China

Negara China adalah salah satu negara tertinggal di tahun 1990-_an. Pada saat itu kita lebih unggul secara ekonomi. Namun dalam 25 thn terakhir ini China telah menjadi Naga besar. China telah menggeser dominasi USA dalam berbagai aspek.  China sekarang tidak dipandang enteng, 25 thn ini China melampui 2 abad prestasi USA. Saat ini China berhasil meng-isolasi USA secara ekonomi dengan meng-integrasikan Eropa, Asia dan Afrika. China memiliki devisa terbesar di dunia ( US 6,5 trilyun s d. US 7 T ). China menguasai pasar uang s.d. 32% dari seluruh dunia. Sungguh luar biasa dan mengagumkan !!
Kalau cuma gedung pencakar langit jangan tanya, Beijing, Shanghai dan kota2 lain sdh mengalahkan New York. Saya bukan membanggakan China, saya hanya mengajak komponen bangsa untuk bersatu dan belajar bagaimana trik China yang begitu cepat bangkit. Disini maksud saya agar Indonesia tumbuh besar spt China dan negara lain !!
Dalam perspektif ini jangan rasis. Nabi Muhammad SAW telah bersabda; tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Betapa seorang Nabi mampu menerawang sejak 1.450 thn lampau. Pasti Nabi telah melihat dgn mata batinnya ttg keunggulan bangsa China ini !!
Kita tidak perlu gengsi apalagi malu, negara2 Arab saja hampir seluruhnya membangun hubungan baik dan berbisnis dengan China.
Saya hanya ingin agar Indonesia  bisa mengejar keunggulan China/ SDM Kita tersedia  dan mampu asal benar benar ciberi kepercayaan , sekaligus merubah sikap mental.

Ini beberapa infrastruktur yang telah dan sedang dikerjakan pemerintahan Jokowi –  JK sbb :

  1. Membangun jalan Tol dari Lampung – Aceh
  2. Membangun RLT Cibubur Cawang, Bekasi – Cawang
  3. Membangun MRT Lebak Bulus ke Jln Thamrin, Jkt (bersama pemda DKI Jkt.
  4. Membangun jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Bekayu yang mangkrak sejak 1996).
  5. Membangun Pos/Imigrasi di perbatasan
  6. Membangun pelqbuhan baru dan perluasan, di Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura.
  7. Membangun jalan baru di Papua dan Papua Barat, termasuk jalan Tol.
  8. Membangun Kilang Minyak yang selama ini belum terwujud, dan telah MoU dengan Aramco, Saudi Arabia
  9. Menyelesaikan kasus lumpur Lapindo, Jatim
  10. Membangun Bandara baru di Miagas (Sulut), Berau (Kaltim), Maumere (NTT), Wakatobi Sultra) dan Aceg Tengah
  11. Mewujudkan Tol Laut Jkt-Papua, Jkt-Natuna, Jkt-Ntt dan Maluku
  12. Membangun Kilang TPPI di Tuban, Jatim
  13. Telah menemukan potensi minyak dan gas masing sebesar 5,2 miliar Barel dan 14 CTF
  14. Membangun kereta api Makassar – Manado (dalam pengerjaan)
  15. Membangun KA di Sorong
  16. Membangun KA cepat Jkt – Bandung
  17. Menyediakan kapal pengangkut sapi dari NTT dan NTB
  18. Membangun Waduk :
  19. Waduk Lolak, Sulut

b.Waduk Kruereko, Aceh

c.Waduk Passalireng, Wajo, Sulsel

d.Waduk Tanju, NTB

  1. Waduk Kairan, Banten

f.Waduk Tapin, Kalsel

g.Waduk Rotiklat, Belu

h.Waduk Asem, Bali

i.Waduk Rukah, Aceh

j.Waduk Sukoharjo, Lampung

k.Waduk Kuil Koangkoan,Sulut

l.Waduk Ladong, Sultra

m.Waduk Ciaw8i dan Sukamahi, Jabar

-Membangun Bandara kulonprogo, DIY

-Menayamaratakan  harga BBM di Papuan dengan daerah lain

-Menurunkan harga semen di Papua

-Tidak memperpanjang operasi freeport

-Membangun 1 juta rumah untuk rakyat kecil

-Mengadakan PLTG di Sulut dan Gorontalo

Mengadakan listrik di 2.519 Desa di Timur Indonesia

Itulah antara lain bukti bukti yang sudah dan sedang dikerjakan pemerintahan Jokowi-JK. Ayo kita segera ahiri politiking dan informasi palsu yang melanda negeri kita. Pantas Jokowi dua periode

Salam Indonesia !!

Aktivitas akun terakhir: 3 menit yang lalu


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Ketgam:
WR II USN Kolaka, Syahrir Sahaka

18 Pendaftar CPNS Tes SKB di USN Kolaka

KOLAKA, MYSULTRA.COM– Sedikitnya 18 orang pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, ...

Ilustrasi

Dinasti Korupsi Yang Dibentuk Di Atas Meja Makan keluarga

(Belajar Dari Dinasti Korupsi E-KTP, Dinasti Korupsi RS Sumber Waras dan Garuda Indonesia) Tradisi korupsi ...