Home » DUNIA » Ditemukan Kima Species Baru Dilaut Sultra

Ditemukan Kima Species Baru Dilaut Sultra

KENDARI, MYSULTRA – konservasi Taman Laut Kima Tolitoli, menemukan spicies baru diperairan Pulau Labengki,Tolitoli, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Penemuan ini berawal saat para aktivis berusaha menyelamatkan spicies kima yang terancam punah karena ulah manusia.

Konservasi alam untuk menyelamatkan kima dari kepunahan dikelola secara swadaya masyarakat, di desa Tolitoli, Kecamatan Lalonggasomeeto, Konawe sejak Oktober 2009 lalu.

Sekitar Delapan Ribu ekor kima saat ini telah ditempatkan di kawasan konservasi. jumlah tersebut, termasuk tujuh spicies yang ada di Asia, dan dua kandidat spicies kima baru di dunia.

Konservasi Laut Toli - toli
Konservasi Laut Toli – toli

Penyelamatan spicies kima dilakukan, mengingat spicies ini merupakan pahlawan laut yang mampu menetralisir pencemaran yang terjadi.

Ketua tim konservasi laut kima, Habib Nadjar Buduha merupakan, spicies kima mesti diselamatkan sebab, laut selalu bersih.

“Spicies kima merupakan pahlawan laut, tugas utamanya membersihkan laut, semua polutan, kimia dan segala macamnya dibersihakn oleh kima, agar laut menjadi sehat, jadi kalau tidak ada kima, laut kita sudah rusak,”terang Habib, Minggu (17/1/2016).

Temuan tersebut, mengundang peneliti dari Institut Seni Jogja (ISI). mahasiswi ini ber asal dari negara Sponyol.

Dirinya tertarik setelah mengetahui adanya konservasi kima yang dilakukan di indonesia, dan bertempat di desa Tolitoli, Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Kuliah saya mengabari ada kegiatan konservasi kima, hanya satu di indonesia, maka saya putuskan untuk datang kesini, untuk mengatakan kepada orang di dunia dan untuk memperoleh pengalaman, mempelajari konservasi kima dan potensi lokal. saya datang dua hari lalu dan mereka menunjukan pulau Labengki,”Imbuh Beatriz Quintana,  peneliti dari Institut Seni Jogja (ISI) itu.

Konservasi taman laut kima Tolitoli saat ini mengembangkan Pulau Labengki Konawe, dan menjaga kelestarian laut di daerah ini.

Penulis: Mas’ud


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Astro-Maxis-Palu pix

Astro dan Maxis Galang Dana Bantuan untuk Korban Tsunami di Sulawesi

 Menanggapi inisiasi Perdana Menteri Malaysia, YAB Tun Dr Mahathir Bin Mohamad untuk negara-negara di ASEAN untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *