Home » Berita Terpopuler » Dinas Perikanan Butur Abaikan Permen Perikanan

Dinas Perikanan Butur Abaikan Permen Perikanan

Foto :Ilustrasi

Buranga – MySultra.Com :

Forum Mahasiswa Pemerhati Perikanan (FHPP) Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menilai Dinas Perikanan setempat mengabaikan Peraturan Menteri (Permen) Perikanan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 tentang tata kelola penangkapan biota laut seperti lobster, kepiting bakau, dan kepiting rajungan.
Dalam permen tersebut, nelayan tidak lagi diperbolehkan menangkap lobster, kepiting bakau, kepiting rajungan dalam keadaan atau kondisi sedang bertelur. Namun aturan tersebut, tidak disosialisasikan, oleh dinas perikanan. Nelayan masih dibiarkan melakukan penangkapan secara serampangan. Ini merupakan ancaman bagi kelestarian biota laut “ ungkap Ketua FHPP Butur, Afifun Saleh kepada wartawan  Selasa (07/07/2015).

Penelusuran yang dilakukan FHPP, kata Afifun,para nelayan belum mengetahui aturan tersebut. Karenanya, FHPP Butur berharap, Dinas Perikanan setempat  segera  mengambil langkah-langkah konkrit untuk melakukan pengawasan dan sosialisas demi terjaganya kelestarian biota laut di daerah tersebut.

Dalam Permen tersebut, kata Afifun, penangkapan Lobster hanya diperbolehkan dengan ukuran panjang karapas di atas delapan senti meter. Untuk kepiting, harus dengan ukuran lebar karapas di atas lima belas senti meter, sedang untuk rajungan dengan ukuran lebar  karapas di atas sepuluh senti meter.

“Jika masyarakat menangkap diluar dari ukuran yang telah ditetapkan, wajib untuk dilepaskan kembali serta mencatatnya. Ini yang harus disosialisasikan ” ujar Afifun

Untuk itu,  Dinas Perikanan Butur harus segera melakukan pendataan terhadap nelayan, alat tangkap yang digunakan, lokasi penangkapan ternasuk kapal yang digunakan. Selain itu juga harus membuat regulasi dan perizinan untuk tujuan pengawasan dan pengendalian serta pengelolaan biota laut. (Ilu)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *