Home » Berita Terpopuler » Diduga Lakukan Plagiat, Rektor Terpilih UHO Di Demo
DR. Muhammad Zamrun MS/c
DR. Muhammad Zamrun MS/c

Diduga Lakukan Plagiat, Rektor Terpilih UHO Di Demo

KENDARI, MYSULTRA.COM – Diduga melakukan plagit karya ilmiah ratusan massa mahasiswa  Rabu (21/06/2017) melakukan aksi unjuk rasa di kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara. Mereka memprotes tindakan plagiat yang diduga dilakukan oleh DR. Muh Zamrun, M.Sc. Rektor UHO yang baru beberapa hari terpilih.

Salah seorang pengunjuk rasa dalam . dalam orasinya mengatakan bahwa sudah lama mendengar desas-desus isu plagiarisme yang dilakukan  Zamrun, namun setelah melakukan penelitian dan pengkajian mendalam didapatkan data yang akurat bahwa plagiarisme tersebut bukan isapan jempol belaka.

Setidaknya ditemukan 3 Jurnal/Artikel Internasional yang diduga dilakukan plagiat,oleh Dr. Zamrun diantaranya :

Pelanggaran plagiarism dilakukan dalam 2 (dua)  bentuk yaitu :

  1. Plagiarism terhadap karya peneliti lain
  2. Karya tulis Dr. Zamrun dkk berjudul : Microwaves Enhanced Sintering Mechanisms in Alumnia Ceramic Sintering Experiments yang terbit pada jurnal Contemporary Engineering Sciences vol 9 tahun 2016 hal 237-248  pada bagian Discussion  (halaman 240-241 , terlampir 1)   sama dengan

yang terdapat pada tulisan  Joel D. Ketz and  Rodger D. Blake  berjudul Microwave Enhanced Diffusions  yang diterbitkan pada Proceed . of the Microwave Symp. Tahun 1991 pada hal 2 bagian Introduction ( )

 

Selain itu  kesamaan pada bagian Conclusion antara tulisan Dr. Zamrun dkk (hal 243-244) dengan tulisan Joel D. Ketz and  Rodger D. Blake  berjudul Microwave Enhanced Diffusions  yang diterbitkan pada Tahun 1991 pada hal 10-11 bagian Conclusion 2. dan yang sudah terbit  dalam bentuk buku proceeding Ceramic Transactions vol 21 Microwaves : Theory and Application in Materials Processing .

 Pengutipan yang dilakukan oleh Dr. Zamrun tanpa mencantumkan sumber kutipan sama sekali

 Kadar plagiarism sebesar 60 persen. Hasil uji ini berasal dari Plagiarism Checker  (Small Seo Tools)  )

  1. Pengutipan yang dilakukan oleh Dr. Zamrun tanpa mencantumkan sumber kutipan sama sekali.
  2. Self Plagiarism

Mengutip karya sendiri tanpa mencantumkan sumber kutipan juga dilakukan oleh Dr. Zamrun.

  1. Tulisan yang ditulis oleh Dr. Zamrun berjudul Coupled-channels analyses for large-angle quasi-elastic scattering in massive systems yang diterbitkan pada jurnal Physical Review C vol 77 tahun 2008 (terlampir 5) sangat mirip sekali  pada beberapa halaman dengan  tulisan Role of triple phonon excitations in large angle quasi-elastic scattering of very mass systems yang diterbitkan pada International Journal of Modern Physics E vol 25 no 8 tahun 2016  (terlampir 6).
  2. Kesamaan antara dua karya di atas terdapat pada halaman 2-4 dan halaman 9.

Setelah berdemosntarsi di kampus, massa bergerak ke DPRD Prov. Sultra, diterima salah seorang wakil Ketua sdr. Amiruddin Nurdin. DPRD menerima tuntutan pmassa tersebut dengan berjanji akan mengusut lebih jauh perihal tersebut, dan difasilitasi oleh Setwan DPRD tuntuntan massa dikirim langsung ke Menristekdikti di Jakarta via Faximili

 Para Mahasiswa mengajukan tuntutan  :

  1. Mendesak Menristekdikti untuk mengutus tuntas dugaan plagiarime Dr. Zamrun.
  2. Apabila terbukti untuk memecat dari dosen karena plagiarisme adalah kejahatan akademis paling tinggi di dunia pendidikan, (ICAN)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...