Home » Berita Terpopuler » Diduga Ada Manipulasi Hasil Wawancara Calon Komisioner KPUD Buteng

Diduga Ada Manipulasi Hasil Wawancara Calon Komisioner KPUD Buteng

MYSULTRA.COM , KENDARI – Sejumlah warga yang tergabung pada Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Demokrasi (APM – PD Sultra) berunjukrasa di gedung DPRD setempat. mereka menuntut agar menerbitkan rekomendasi pembatalan hasil wawancara seleksi calon komisioner KPUD Kabupaten Buton Tengah (Buteng), karena dinilai terindikasi manipulasi dan tidak sesuai prosedur.

Selain itu, APM – PD Sultra, meminta agar pihak DPRD Sultra, mengambil alih tahapan seleksi calon komisioner serta merekomendasikan untuk membatalkan hasil seleksi calon KPUD Buteng.

“Ada unsur manipulasi, karena salah seorang anggota timsel calon komisioner KPUD Buteng tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan, demikian pula dua orang lainnya yakni, Muhammad Abbas yang saat itu berada di Jakarta, serta Salwiah berada di Kendari, namun terdapat tanda tangan hadir pada saat pengambilan keputusan,”teriak korlap massa aksi, Falihin Barakati saat orasi di Gedung DPRD Sultra, Senin (16/11/2015).

Menanggapi aksi pemuda dan mahsiswa tersebut, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh menegaskan, memerintahkan komisi I agar menindaklanjuti dengan melakukan kunjungan serta pengamatan langsung agar menemukan fakta – fakta sesuai yang dsampaikan pengunjukrasa.

“Sudah saya perintahkan komisi I dan anggota DPRD Sultra dapil 4, untuk melakukan pengamatan langsung proses wawancara calon komisioner KPUD Buteng, kita tidak inginkan kejadian seperti ini merusak demokrasi untuk kepentingan orang atau kelompok tertentu,”tegas Abdurrahman kepada Mysultra.com.

Kata dia, jika indikasi tersebut terbukti, kemungkinan proses seleksi wawancara calon komisioner Buteng akan direkomendasikan untuk dibatalkan dan dimungkinkan DPRD Sultra mengambil alih hal tersebut.

Anggota komisi II DPRD Sultra La Ode Mutanafas
Anggota komisi II DPRD Sultra La Ode Mutanafas

Anggota komisi II DPRD Sultra La Ode Mutanafas yang dikonfirmasi menyayangkan kejadian tersebut, ia berharap agar timsel calon KPUD Buteng berlaku adil bagi seluruh calon Komisioner dalam proses seleksi.

“Jika perintah ketua meminta untuk dipantau dan ditindaklanjuti temuan pemuda dan mahasiswa Peduli Demokrasi itu kepada anggota DPRD dapil 4, maka kami akan melakukan tindakan, namun demikian, kami tentu melakukan pengumpulan fakta – fakta dan klarifikasi kepada anggota timsel calon KPUD Buteng agar menjadi jelas,”Imbuh Mutanafas.

Usai diterima pimpinan DPRD Sultra, massa aksi membubarkan diri dengan tertib, mereka kemudian kembali ke kampus untuk mengikuti proses perkuliahan.

Mas’ud 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *