Home » EKONOMI » Dibutuhkan Komitmen dalam Mengembangkan Kawasan Teluk Bone
Suasana kegiatan forum discussion yang diikuti para pejabat dikawasan teluk Bone.

Dibutuhkan Komitmen dalam Mengembangkan Kawasan Teluk Bone

KOLAKA,MYSULTRA.COM – Dalam mengembangkan kerjasama ekonomi dan konservasi pesisir laut kawasan teluk Bone,‎ dibutuhkan komitmen dari 17 kabupaten/kota yang berada dipesisir teluk Bone.

“Yang penting komitmen dari semua pihak. Kalau komitmen itu dijaga maka kerjasama tersebut bisa berjalan dengan baik,” kata Dr Dedi Aduri dari LIPI saat membawakan materi pada Forum Group Discussion (FGD) kawasan teluk Bone, senin (6/3/2017) disalah satu hotel di Kolaka.

Menurut Dedi, ‎perlu ada identifikasi dalam pengembangan kerjasama ekonomi dan konservasi laut-pesisir dalam kawasan teluk Bone, khususnya mengumpulkan data dasar dalam mengembangkan kerjasama tersebut.

‎Begitupun Hj Supiati dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam pemaparannya menyampaikan kalau permasalahan lingkungan hidup menjadi tantangan, serta hambatan kerjasama konservasi pesisir laut yang berkelanjutan di kawasan teluk Bone.

Menurut Supiati, kawasan teluk Bone yang di huni 17 Kabupaten/Kota, baik yang ada di Provinsi Sutra maupun Sulawesi Selatan (Sulsel), memiliki potensi kekayaan alam seperti perikanan, pariwisata, serta energi dan sumber daya mineral yang cukup besar. Namun, pengawasan dan pengendalian lingkungan teluk Bone dinilai masih sangat kurang.

“Beberapa masalah pengelolaan lingkungan hidup menjadi faktor penting yang harus diperhatikan,” ungkapnya.
Karena itu, Supiati berharap adanya kerjasama antar pemerintah Provinsi dan antar pemerintah Kabupaten/Kota di kawasan teluk Bone untuk mengelola sumber daya alam secara terpadu. (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...