Home » Berita Terpopuler » Dewan Pers Selenggarakan Pelatihan Saksi Ahli

Dewan Pers Selenggarakan Pelatihan Saksi Ahli

Ketua Dewan Pers ,yang juga mantan Ketua MA, Prof.DR.Bagir Manan,S.H, M.C.L

MySultra – Kendari

Menindak lanjuti Surat Edaran Mahkamah Agung RI (SEMA) Nomor 13 Tahun 2008, Dewan Pers tahun ini kembali melakukan pelatihan penyegaran Saksi Ahli Dewan Pers untuk membantu Dewan Pers dalam memberikan keterangan ahli pers kepada hakim yang menangani  atau memeriksa perkara –perkara yang berkaitan dengan delik pers.

bagir-manan

Surat Dewan Pers yang diterima MySultra via Email menyebutkan, acara penyegaran ahli dewan pers tahun ini, akan dilaksanakan secara regional mulai dari Makassar (1 -3 Oktober), Batam (15-17 Oktober) dan Surabaya (29-31 Oktober). Di Sulawesi  Tenggara tercatat dua orang saksi  ahli Dewan Pers masing-masing Sudirman Duhari dan Djufri Rachim.

SEMA RI Nomor 13 Tahun 2008 tanggal 30 Desember 2008 yang ditandatangani oleh DR Harifin A.Tumpa,SH, MH (Wakil Ketua MA RI Bidang Non Yudisial) atas nama Ketua MA RI, yang ditujukan kepada seluruh Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Tinggi di seluruh Indonesia menyebutkan:

“….Untuk memperoleh ganbaran yang obyektif tentang ketentuan ketentuan yang berhubungan dengan Undang-Undang Pers, maka hakim dapat meminta keterangan  dari seorang ahli di bidang pers… Oleh karena dalam penanganan /pemeriksaan perkara-perkara yang terkait dalam delik pers hendaknya Majelis mendengar/meminta keterangan ahli dari Dewan Pers, karena merekalah yang mengetahui seluk- beluk pers tersebut secara teori dan praktek….”

Seperti yang pernah diungkapkan Ketua Dewan Pers Prof.DR. Bagir Manan,SH.M.C.L , dewan pers menyambut positif SEMA tersebut. Untuk itu dewan pers memerlukan persiapan dalam menghadapi berbagai permintaan sebagai saksi ahli atau keterangan ahli di bidang pers baik dari pihak aparat penegak hukum maupun masyarakat di seluruh Indonesia.

Namun kata Bagir Manan, mengingat terbatasnya jumlah anggota Dewan Pers (hanya 9 orang) dan tidak adanya wakil dewan pers di daerah serta luasnya wilayah hukum Indonesia, maka diperlukan SDM yang ahli di bidang pers untuk membantu Dewan Pers memberikan keterangan ahli pers di daerah. (DIR)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *