Home » Buton » Calon Bupati Buton Lawan Kotak Kosong, Panwas Jadi Saksi
Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Buton, Umas Samiun-Labakry
Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Buton, Umas Samiun-Labakry

Calon Bupati Buton Lawan Kotak Kosong, Panwas Jadi Saksi

BUTON, MYSULTRA.COM –  Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati, Buton, Sulawesi Tenggara  pada pilkada yang akan berlangsung Rabu (15/02/2017) besok akan melawan kotak kosong. Padalnya pasangan Umar Samiun/Labakri (petahana) merpkan calon tunggal.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman menegaskan panitia pengawas (panwas) pemilihan kepala daerah atau pilkada Buton, akan menjadi saksi dari kotak kosong.

“Oleh karena pasangan calon bupati/wakil bupati Buton dalam pilkada hanya melawan kotak kosong, maka panwaslah yang akan menjadi saksi perolehan suara kotak kosong saat perhitungan suara di TPS,” katanya di Batauga, Senin sebagaimana dilansir Antara

Aparat petugas sendiri, kata Kapolres Andi Herman, akan menempatkan petugas pengamanan di setiap TPS dua sampai tiga orang.

Petugas yang akan menjaga proses proses pelaksaan pemungutan suara di setiap TPS tersebut terdiri dari anggota Polri dan Linmas.

“Meski dalam pilkada Buton pasangan calon bupati/wakil bupati hanya melawan kota kosong, namun sistem pengamanan tetap sesuai standar yang telah ditetapkan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panwas Buton, Darmin mengatakan Panwas Buton, mempersiapkan sejumlah pengawas penyelenggaraan pemungutan dan perhitungan suara di setiap TPS.

Para pengawas yang disiapkan tersebut untuk mengawasi proses pemungutan suara, perhitungan suara hingga penetapan hasil Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

“Setiap TPS, akan ditempatkan satu orang pengawas untuk menyaksikan proses pemungutan dan perhitungan suara,” kata Darmin.

Menurut dia, KPU menyiapkan 213 TPS untuk pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya di Pilkada Buton.

TPS sebanyak itu kata dia, tersebar di tujuh wilayah kecamatan se Kabupaten Buton.

“Jumlah pemilih yang akan menyalurkan hak suara berdasarkan DPT yang dikeluarkan KPU sebanyak 71.527 jiwa,” katanya.

Pilkada Kabupaten Buton yang akan digelar 15 Februari 2017 hanya diikuti satu pasangan calon bupati/wakil bupati Buton periode 2017-2022.

Pasangan calon tunggal bupatI Buton/wakil bupati Buton tersebut yakni Samsu Umar Abdul Samiun/La Bakry.

Bagi masyarakat yang tidak suka dengan pasangan tersebut, dibolehkan mencoblos kotak kosong di dalam kerta surat suara (Dir)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...