Home » Headline » Bupati Safei : UU Pemda Nomor 23 Tidak Memiliki Naskah Akademik
Bupati Kolaka, H Ahmad Safei

Bupati Safei : UU Pemda Nomor 23 Tidak Memiliki Naskah Akademik

KOLAKA, MY SULTRA.COM – Ditetapkannya UU Pemerintah Daerah nomor 23 tahun 2014, merupakan kelalaian dari DPR RI yang harus direvisi karena tidak memiliki rumusan naskah akademik dan merugikan pemerintah kabupaten.

Keluhan para Bupati se Indonesia yang tergabung dalam Apkasi terkait UU nomor 23, kembali disuarakan Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat menerima tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas), Rabu (23/3/2016) di aula sasana praja kantor bupati Kolaka.

Kepada Staf Ahli Sekretaris Jendral (Sekjen) Wantanas yakni Mayjen Nana Rohana, Irjen Pol Bambang Hermanu dan Laksamana Muda Daryanto, Bupati Kolaka meminta supaya Wantanas merekomendasikan kepada Presiden RI peninjauan UU Pemda itu, sebab banyak permasalahan yang ditimbulkan dilapangan.

“Terbitnya UU nomor 23 tahun 2014 tidak didahului dengan penelitian terpadu melalui perumusan naskah akademik, juga tidak melalui aspirasi di daerah. Ini merupakan bentuk kelalaian anggota DPR RI periode lalu,” kata Ahmad Safei.

Safei mengungkapkan bahwa salah satu yang menyebabkan terjadinya jatuhnya nilai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kolaka, disebabkan hampir semua sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama ini di kelolah pemerintah kabupaten, sekarang sudah dikelola pemerintah provinsi.

Ini juga diperburuk jika hubungan antara Bupati/walikota tidak baik dengan Gubernur, menyebabkan pembagian hasil pajak melalui APBD tidak merata.

Terkait masalah ini, Mayjen TNI Nana Rohana mengakui kalau seringkali penyusunan aturan perundang-undangan yang dibuat pemerintah pusat akan berbenturan dengan kepentingan pemerintah daerah.

Karena itu, melalui kunjungan kerja ini Wantanas berjanji akan menindaklanjuti hasil pertemuan, sekaligus akan dijadikan sebagai rekomendasi untuk diajukan kepada Presiden. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *