Home » Berita Terpopuler » Bupati Konawe Utara (Konut) Dicekal Keluar Negeri
Bupati Konawe utara (Konut), Aswad Sulaeman

Bupati Konawe Utara (Konut) Dicekal Keluar Negeri

KENDARI, MY SULTRA.COM – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Aswad Sulaeman akhirnya secara resmi dicekal keluar negeri oleh pihak Imigrasi atas permintaan kejaksaan menyusul penetapannnya sebagai tersangka kasus korupsi.

Seperti yang dilansir Antara, Kantor Imigrasi Kelas 1 A Kendari  telah mengeluarkan surat pencekalan terhadap  Aswad Sulaeman, untuk tidak berpergian keluar negeri.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 A Kendari Wisnu Widayat di Kendari Rabu mengungkapkan, surat pencegahan keluar negeri kepada Bupati Konut yang tinggal beberapa hari masa jabatannya itu, setelah ada permintaan dari Kejaksaan Tinggi Sultra, terkait status Aswad Sulaeman sebagai terasangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan kantor bupati tahun anggaran 2010-2011 senilai Rp2,3 miliar.

“Selama dikeluarkanya surat pencekalan kepada bupati Konawe Utara tidak diperbolehkan keluar negeri, meskipun beralasan menjalankan ibadah atau kegiatan lainnya,” ujar Wisnu Widayat.

Sebelumnya, Bupati Konawe Utara Aswad Sulaeman, dikabarkan akan menunaikan ibadah Umroh di Tanah Suci Mekkah, namun rencana itu terpaksa dibatalkan, karena telah dicekal untuk tidak keluar negeri.

Surat pencekalan itu, bertujuan agar tersangka tidak melarikan diri ataupun menghilangkan barang bukti yang disangkahkan.

Penetapan Aswad sebagai tersangka didasari surat perintah penyidikan (sprindik) Kejaksaan Tinggi Sultra, tertanggal 20 Januari 2016 karena penyidik telah mengantongi dua alat bukti, yaitu keterangan saksi ahli dan hasil audit BPKP.

Dalam kasus yang sama, Pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, sampai saat ini telah menetapkan 10 tersangka, di antaranya Gina Lolo, Ahmad Yani S., Cakunda, Siodinar, Usman, Alimuddin, Samsul Mustakim serta Arnol yang saat ini ditetapkan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Dan empat orang di antaranya sudah dimasukkan di Rutan Kelas 1A Kendari dan Rutan Unaaha di Kabupaten Konawe.(Dir)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *